Pambudi, Brilian Setyo (2018) Pelaksanaan Prinsip Kerahasiaan Dan Keamanan Data/Informasi Konsumen Terhadap Penggunaan Data Diri Nasabah Dalam Bancassurance Melalui Telemarketing (Studi Di Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bank merupakan lembaga yang memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk mengelola dana yang mempunyai kewajiban untuk menjaga atas kerahasiaan segala informasi mengenai nasabah pada bank tersebut. Sesuai dengan Pasal 2 huruf d Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen Sektor Jasa Keuangan yang menyatakan bahwa adanya prinsip kerahasiaan dan keamanan data/informasi Konsumen. Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia dalam bidang perbankan membawa suasana baru dengan adanya Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32 /SEOJK.05/2016 Tentang Saluran pemasaran produk Asuransi melalui kerja sama dengan Bank (BANCASSURANCE). Bancassurance adalah aktivitas kerja sama antara Perusahaan dengan Bank dalam rangka memasarkan produk asuransi melalui Bank. Nаmun disisi lаin dаlam pelаksаnааn yаng ada, nаsаbаh tаnpа аdаnyа persetujuаn tertulis kepada pihak Bank BTN, Perusahaan asuransi yang menjadi rekanan dari Bank BTN (Bancassurance) menawarkan produk asuransinya melаlui Telemаrketing kepаdа nаsаbаh Bаnk BTN. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis melihat bahwa adanya permasalahan hukum yang terjadi mengenai penerapan Pasal 2 huruf d Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen Sektor Jasa Keuangan yang menyatankan bahwa adanya prinsip kerahasiaan dan keamanan data/informasi Konsumen pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta terhadap pelaksanaan Bancassurance melalui Telemarketting. Selain itu terkait hambatan pada pelaksnaan prinsip dalam pelaksanaan prinsip kerahasiaan dan keamanan data/informasi konsumen terhadap penggunaan data diri nasabah dalam bancasurance melalui telemarketing Oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta dan serta Upaya Oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta dalam mengatasi hambatan yang ada. Untuk menjawab permasalahan diatas, penelitian hukum ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer melalui wawancara, observasi maupun laporan dalam bentuk dokumen dan pengumpulan data sekunder diperoleh dari suatu organisasi atau bahan pustaka, bahan bacaan, laporan-laporan penelitian terdahulu dan peraturanvii perundang-undangan terkait. Penulisan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Bank Tabungan Negara Kantor Pusat Jakarta sudah melaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada. Namun pada penerapannya terdapat ketidaksesuaian dalam pelaksanannya yang tidak sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen Sektor Jasa Keuangan Pasal 2 huruf d yang menyatakan bahwa adanya prinsip kerahasiaan dan keamanan data/informasi Konsumen. Dan Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 32 /SEOJK.05/2016 Tentang Saluran pemasaran produk Asuransi melalui kerja sama dengan Bank (BANCASSURANCE) pada pelaksanaan Bancassurance. Dalam penerapanya terdapat beberapa hambatan yaitu pada struktur hukum yaitu masih adanya petugas yang tidak mematuhi peraturan yang ada dan budaya hukum adanya ketidak jujuran pada petugas bank dan petugas asuransi. Upaya dalam mengatasi hambatan yang ada baik dari strutur hukum yaitu dengan menerbitkan peraturan-peraturan untuk semua karyawan mengenai perlindungan penggunaan data diri nasabah dan budaya hukum yaitu apabila terdapat ketidakjujuran oleh petugas maka bank BTN memberikan pengaduan/atau komplain dengan cara menghubungi Contact Center Bank dengan nomor (021 500 286
English Abstract
The Bank is an institution that gives trust to the public to manage the funds that have the obligation to keep the confidentiality of all information about the customer in the bank. In accordance with Article 2 Sub-Article d of the Financial Services Authority Regulation Number 1 / POJK.07 / 2013 on consumer protection of the Financial Services Sector which states that there is a principle of confidentiality and security of Consumer data / information. Along with the economic development in Indonesia in the field of banking brings a new atmosphere with the Circular of the Financial Services Authority Number 32 /SEOJK.05/2016 About Marketing channels of insurance products through cooperation with the Bank (BANCASSURANCE). Bancassurance is a joint activity between the Company and the Bank in order to market insurance products through the Bank. But on the other hand in the implementation of the happening of the customer without written approval to the customer, the insurance through Telemarketing to customers of Bank BTN to do insurance offer. Based on the above background, the authors see that the existence of legal problems that occur on the application of Article 2 Sub-Article d of the Financial Services Authority Regulation Number 1 / POJK.07 / 2013 on consumer protection Sector Financial Services which denies that the principle of confidentiality and security of data / Consumer information at PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Jakarta Head Office on Bancassurance implementation through Telemarketing. In addition, obstacles related to the implementation of principles in the implementation of the principle of confidentiality and security of data / consumer information on the use of personal data of customers in bancasurance through telemarketing By PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Head Office Jakarta and also efforts By PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Jakarta Head Office in overcoming the existing obstacles. To answer the above problems, this legal research using sociological juridical approach. Types of data taken in this study are primary data through interviews, observations and reports in the form of documents and secondary data collection obtained from an organization or library materials, reading material, previous research reports and related legislation. Writing in this study using qualitative descriptive data analysis techniques.ix Based on the discussion, it can be concluded that the State Savings Bank Jakarta Head Office is in accordance with existing regulations. However, in its application there is a discrepancy in its implementation which is not in accordance with the Regulation of the Financial Services Authority Number 1 / POJK.07 / 2013 concerning consumer protection of Financial Service Sector Article 2 letter d stating that there is a principle of confidentiality and security of Consumer data / information. And Circular of the Financial Services Authority Number 32 /SEOJK.05/2016 About the Marketing channel of Insurance products through cooperation with the Bank (BANCASSURANCE) on the implementation of Bancassurance. In applying there are some obstacles that is on the legal structure that is still the presence of officers who do not comply with existing regulations and legal culture of dishonesty to bank officers and insurance officers. efforts to overcome the existing obstacles both from the legal strutur is by issuing regulations for all employees on the protection of the use of the customer's personal data and legal culture that is, if there is dishonesty by the officer then the bank BTN complain / or complain by contacting the Contact Center Bank with the number (021 500 286)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2018/334/051808189 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Keamanan Data, Jasa Keuangan, Perbankan |
Subjects: | 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 01:36 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14082 |
Preview |
Text
Brilian Setyo Pambudi.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |