Pengaruh Variasi Jarak Pile ( Tiang ) Terhadap Perkuatan Stabilitas Lereng Pasir

Atmoko, EndraWyndi (2011) Pengaruh Variasi Jarak Pile ( Tiang ) Terhadap Perkuatan Stabilitas Lereng Pasir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena kelongsoran masih menjadi isu yang berkelanjutan terjadi pada berbagai kasus kelongsoran khususnya kelongsoran pada lereng .Untuk mengatasi kegagalan kelongsoran lereng, digunakan sistem perkuatan lereng dengan melakukan pemasangan dan pemancangan pile (tiang) guna meningkatkan stabilitas lereng sehingga kegagalan kelongsoran lereng dapat dicegah dan dihindari. Sistem perkuatan lereng dilakukan dengan memancang pile (tiang) di bagian lerengnya, berfungsi sebagai elemen pengekang dan sekaligus penahan gaya lateral dengan cara mereduksi gaya lateral melalui transfer penahan gaya lateral ke pile (tiang) yang dipancang/dipasang pada jarak tertentu di puncak atau di bagian lerengnya. Beberapa studi penelitian perkuatan lereng telah dilakukan menggunakan tiang sebagai elemen perkuatan lereng dan telah berhasil dengan sukses dalam memperbaiki sekaligus meningkatkan stabilitas lereng yang tidak stabil ( unstabe slope ) antara lain: De Beer&Wallays,1970; Ito dan Matsui,1975; Ito et al,1981; Viggiani,1981; Ito et al’1982; Poulos, 1995; Lee et al, 1995; Hong&Han,1996; Chen et al, 1997; Hassiotis et al, 1997; Chien Yuan ,2001; Ausilio et al, 2001; Hull&Poulos, 1999; Chai&Ugai, 2000; Liang&Zeng; 2002; Won et al, 2005; Eng Chew Ang, 2005; Lee&Wang, 2006; Yamin, 2007; Wei&Cheng, 2009; Al Badoer, 2010. Pada penelitian model di laboratorium dilakukan pemasangan pile dengan variasi jarak yang bertujuan untuk menentukan jarak antar pile efektif untuk pemasangan pile (tiang) . Jarak Antar pile yang paling efektif untuk dipasang adalah jarak 10 cm, dapat menahan beban runtuh paling tinggi. Pada jarak optimum beban runtuh maksimum yang dapat ditahan sebesar 0,36 kg/cm 2 . Peningkatan nilai safety factor ( SF ) diperoleh dengan bantuan software PLAXIS. Hasil SF yang didapat pada jarak optimum yaitu 0,770. Peningkatan dari SF tanpa perkuatan hingga jarak optimum sebesar 0,11.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/24/ 051100751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Apr 2011 15:39
Last Modified: 21 Apr 2011 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item