Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Pltmh) Di Sungai Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat Dengan Simulasi Turbnpro.

Waluyo, Hendik (2011) Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (Pltmh) Di Sungai Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat Dengan Simulasi Turbnpro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan dalam jumlah besar, termasuk tenaga air. Banyak sungai di Indonesia yang belum dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik. Disamping itu, krisis energi yang terjadi di dunia, meningkatkan kesadaran untuk mengembangkan pembangkit berbahan bakar energi terb arukan, termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Pembangunan PLTMH di berbagai daerah dapat membantu mewujudkan program pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi. Penelitian tugas akhir ini dilakukan dalam kelompok, yang terdiri dari kajian teknis. Pada tugas akhir ini dibahas kajian teknis studi potensi PLTMH di Sungai Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Survey lokasi dilakukan untuk mengukur debit sungai yang berguna untuk menghitung kegagalan simulasi dan energi. Studi dilanjutkan dengan menghitung debit andalan pembangkit menggunakan simulasi hidrologi NRECA. Selanjutnya simulasi desain turbin menggunakan TURBNPRO dan desain awal berbagai komponen PLTMH. Pengoptimalan potensi dilakukan dengan melakukan perhitungan ekonomi. Hasil studi menunjukkan bahwa aliran Sungai Brang Rea secara teknis dapat digunakan untuk membangkitkan listrik menggunakan turbin propeller dengan potensi daya total sebesar 78,12 kW saat turbin bekerja pada masing-masing PLTMH, daya tersebut dapat memenuhi sekitar 868 buah rumah dan energi per tahun sebesar 607430,9 kWh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/235 /051102914
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2011 12:28
Last Modified: 06 Dec 2011 12:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140772
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item