Pemodelan Pemilihan Moda Dengan Metode Stated Preference : Studi Kasus Perpindahan Dari Angkutan Umum Ke KA Komuter Rute Lawang-Malang-Kepanjen

Hidayat, MuhammadNurjati (2011) Pemodelan Pemilihan Moda Dengan Metode Stated Preference : Studi Kasus Perpindahan Dari Angkutan Umum Ke KA Komuter Rute Lawang-Malang-Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pergerakan transportasi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, berbagai kebutuhan semakin meningkat, terutama ruang gerak dalam melakukan berbagai kegiatan sehingga dibutuhkan angkutan umum untuk mengurangi masalah kemacetan. Kondisi sarana angkutan umum yang ada di Kota Malang saat ini sudah over supply , yaitu lebih dari 2400 angkutan yang beroperasi. Akan tetapi hal ini tidak diringi dengan jumlah kebutuhan penumpang. Salah sat u penyebabnya yaitu jumlah kendaraan roda dua lebih diminati karena fasilitas kredit yang lebih mudah. Salah satu upaya Pemerintah Daerah Malang Raya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merencanakan Sistem Angkutan Umum Masal (SAUM), dalam hal ini adalah kereta api komuter. Salah satu aspek penting dalam perencanaan pengoperasian kereta api komuter adalah memodelkan penumpang yang akan beralih dari moda eksisting, yaitu angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergerakan penumpang dari Lawang – Malang – Kepanjen dan memodelkan bila penumpang beralih menggunakan kerea komuter. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner yang disusun dengan metode stated preference di wilayah studi,yaitu Lawang – Malang – Kepanjen. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan logit binomial . Dari hasil analisis, atribut yang paling signifikan pengaruhnya dalam pemilihan moda adalah waktu perjalanan kereta api komuter dengan koefisien determinasi sebesar 34,5%. Dengan selisih waktu perjalanan antara kereta api dengan angkutan umum adalah 33 menit, maka probabilitas perpindahan penumpang angkutan kota ke kereta api komuter adalah 0,876674 . Dengan diketahuinya probabilitas perpindahan penumpang dan jumlah orang yang menggunakan angkutan umum sebesar 3074 per hari, maka dapat diketahui jumlah penumpang yang diperkirakan akan beralih ke kereta komuter adalah 2695 penumpang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/226/ 051102785
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Feb 2012 15:16
Last Modified: 27 Feb 2012 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140763
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item