Evaluasi Jaringan Listrik Pada Lingkup Gardu T.100 di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Waluyo, WijiTri (2011) Evaluasi Jaringan Listrik Pada Lingkup Gardu T.100 di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Evaluasi Jaringan Listrik Pada Lingkup Gardu T.100 di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2010 s/d selesai. Sedangkan tempat yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Jaringan Listrik Pada Lingkup Gardu T.100 Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang yang meliputi tiga jurusan Teknik yaitu Teknik Pengairan, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Arsitektur, serta gedung Dekanat. Penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi jaringan listrik dan instalasi panel pada gedung yang disuplai oleh Gardu T.100 di Fakultas Teknik ditinjau dari beban yang ada pada saat sekarang. Dengan adanya evaluasi jaringan listrik akan diketahui seberapa besar konsumsi energi listrik gardu T.100 oleh gedung-gedung di Fakultas Teknik, selain itu juga pola konsumsi energi listrik, ketidakseimbangan beban, dan analisa kemampuan penghantar yang digunakan untuk menyuplai gedung-gedung di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Langkah awal yang diambil adalah dengan melakukan survei dan pengukuran pada MDP dan SDP di masing-masing gedung. Dari pengukuran tersebut dianalisa mengenai ketidakseimbangan beban, besar daya yang diperlukan masing-masing gedung dan arus maksimum yang mengalir pada jaringan suplai ke gedung. Dari hasil pengukuran menunjukkan bahwa ketidakseimbangan beban pada gardu T.100 mencapai 45%. Hal ini dipengaruhi oleh beban listrik pada masing-masing gedung yang disuplai oleh gardu T.100 tidak lagi seimbang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/204/ 051102281
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2011 11:20
Last Modified: 27 May 2011 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140741
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item