AkhmadAndriFirmansyah (2011) Pengontrolan Tanggul pembatas kecepatan kendaraan Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tanggul pembatas kecepatan kendaraan yang banyak dikenal sebagai polisi tidur, sering kita temui setiap harinya. Alat ini berfungsi untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan untuk menurunkan kecepatannya. Bentuknya yang sedikit timbul dari permukaan jalan memberikan efek kejut pada pengendara. Akan tetapi polisi tidur ini masih belum bekerja sesuai dengan tujuan awalnya tersebut. Dengan kecepatan kendaraan yang berbeda-beda maka perlakuan untuk masing-masing kendaraan tersebut haruslah berbeda pula. Jadi dalam skipsi ini kami membuat alat tanggul pembatas kecepatan kendaraan yang bisa menyesuaikan dengan kecepatan dari kendaraan yang akan melintasinya. Pada penelitian ini dibuat suatu alat tanggul pembatas kecepatan kendaraan yang dapat berubah-ubah ketinggiannya menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan yang akan melewatinya. Pembuatan alat ini kami gunakan skala 1 cm model setara dengan 10 cm nyata dengan tujuan apa yang disimulasikan mirip dengan keadaan aslinya. Alat ini menggunakan 3 sensor fotodioda yang digunakan untuk menghitung keepatan kendaraan yang akan melewati alat ini. Perhitungan dan proses fuzzy berada di dalam mikrokontroler. Fuzzy digunakan dalam alat ini agar membantu memutuskan keputusan yang tepat untuk range kecepatan tertentu dari kendaraan. Dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan kinerja dari miniatur pengontrol tanggul pembatas kecepatan kendaraan ini sudah sesuai, dimana dengan kecepatan berbeda-beda maka ketinggian tanggul pembatas kecepatan kendaraan berbeda pula. Tinggi tanggul pembatas kecepatan kendaraan disesuaikan dengan kecepatan dan perubahan kecepatan dari miniatur kendaraan yang melewatinya. Penggunaan kontrol logika fuzzy sebagai kontroler pengambil keputusan pada alat ini dirasa tepat karena variabel yang diperhatikan berupa kecepatan dan dengan menggunakan kontroler ini miniatur tanggul pembatas kecepatan kendaraan bekerja dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2011/17/051100446 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Feb 2011 10:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140705 |
Preview |
Text
Bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
cover,_lemper,_lemsah.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
pengantar,daf_isi,_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_6.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |