Sekolah Keterampilan Anak Jalanan Griya Alang-Alang Surabaya

Harun, Ilman (2011) Sekolah Keterampilan Anak Jalanan Griya Alang-Alang Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Khususnya pada kota-kota besar di Indonesia, selalu terdapat permasalahan pada sektor sosial yang tampaknya semakin lama menjadi semakin kompleks akibat ketimpangan pertumbuhan ekonomi.Salah satu yang kasat mata yang tidak sulit di jumpai di kota-kota besar adalah permasalahan adanya anak-anak yang mencari nafkah di jalan-jalan, tidak diurus, diperhatikan dan di bimbing selayaknya anak-anak normal pada umumnya, atau istilah yang popular di masyarakat adalah anak jalanan. Seperti halnya di kota-kota lain, di Surabaya potensi dan bakat anak-anak jalanan dibidang seni sangatlah luar biasa apabila diasah dan diarahkan dengan benar. Salah satunya yang dapat dilihat adalah potensi dan bakat berkesenian pada anak-anak jalanan yang dibina di sanggar Alang-alang yang didirikan tahun 1999 oleh Didit Hari Purnomo, seorang jurnalis senior TVRI yang juga seniman dan budayawan terkemuka Surabaya Akan tetapi seiring perkembangan yang dihasilkan Sanggar Alang-alang, terdapat beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapinya, semakin lama jumlah anak-anak negeri yang mengikuti program pendidikan di sanggar alang-alang semakin banyak dan ini merupakan sebuah kendala bagi Didit H.P dan staf pengajarnya, melihat saat ini sanggar Alang bertempat di rumah kontrakan yang cukup kecil yang kurang layak serta tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menjalankan program-program pengajaran secara maksimal. Akibat berbagai permasalahan kurangnya fasilitas pembelajaran yang ada di Sanggar Alang-alang saat ini, baik secara kualitas maupun kuantitas, maka konsep pembelajaran yang ideal yang diinginkan oleh Didit H.P tidak dapat terlaksana, dimana seharusnya terdapat suatu wadah pendidikan yang berupa sekolah keterampilan yang ditujukan bagi anak-anak didik Sanggar Alang-alang yang sudah beranjak remaja sebagai bekal sebelum mereka keluar dari Sanggar Alang-alang dan memulai kehidupan baru di tengah-tengah masyarakat. Sekolah keterampilan yang nantinya didirikan diharap dapat mewadahi beragam aktivitas pembelajaran dan aktivitas-aktivitas penunjang lainnya, dikarenakan sekolah keterampilan ini merupakan sekolah kelanjutan dari Sanggar Alang-alang yang sudah ada saat ini, sehingga diharapkan sekolah keterampilan ini dapat sesuai dengan karakter dan pola prilaku anak-anak yang saat ini mengikuti program pembelajaran di Sanggar Alang-alang, sehingga sekolah keterampilan ini nantinya didesain menjadi arsitektur yang multifungsi dengan nilia-nilai fleksibilitas yang tinggi, yang bertujuan agar menjadi sekolah yang adaptable dan dapat mewadahi beragam aktivitas pembelajaran dan aktivitas penunjang lainnya beserta perubahan-perubahan dan perkembangannya, selain itu sekolah keterampilan ini didesain melalui pendekatan fenomenologi dengan melihat dan melakukan penelitian terhadap karakteristik dan sifat anak-anak Sanggar Alang-alang yang nantinya sebagai pengguna, agar sekolah keterampilan ini selain sebagai wadah pembelajaran juga sebagai "rumah" kedua bagi mereka yang sesuai dengan karakteristik dan sifat-sifat dan dapat mencitrakan identitas mereka. Hasilnya adalah sebuah sekolah keterampilan yang didesain berdasarkan prinsip-prinsip arsitektur yang adaptif serta fleksibel menanggapi pertumbuhan dan perkembangan aktivitas-aktivitas pembelajaran nantinya serta multifungsi yang dapat mewadahi beragam variasi pembelajaran beserta perkembangannya yang dilakukan di sekolah ini nantinya yang seusai dengan karaktertistik dan sifat anak-anak Sanggar Alang-alang sebagai penggunanya. Sekolah keterampilan ini didesain untuk mewadahi dua fungsi utama yaitu fungsi pendidikan dan fungsi penjualan dimana nantinya hasil karya yang dihasilkan selama proses pembelajaran akan dipasarkan untuk publik, selain itu juga terdapat fungsi hunian dan fungsi kantor yang merupakan fungsi penunjang dalam sekolah ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/133/ 051101885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Apr 2011 14:23
Last Modified: 07 Apr 2011 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140668
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item