Alat Perekam ECG (Electrocardiogram) Menggunakan Mikrokontroler dan USB Flash Disk

AsrilArdiwidodo (2010) Alat Perekam ECG (Electrocardiogram) Menggunakan Mikrokontroler dan USB Flash Disk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Elektrocardiogram merupakan sinyal rekaman aktifitas jantung secara elektrik. Alat perekam elektrocardiogram masih jarang dikembangkan di Indonesia, karena kebanyakan alat-alat kedokteran masih diimpor dari luar negri dan harganya masih mahal.Salah satu model alat perekam ECG yang berbasis mikrokontroler yang sudah ada adalah perekam ECG ke ploter (Eko Yoyok, 2003). Beberapa hal tersebut melatar belakangi penyusunan Alat Perekam ECG berbasis mikrokontroler dan USB Flash Disk. Alat perekam ECG dalam penyusunan skripsi ini terdiri dari dua blok rangkaian yaitu blok rangkaian analog yang terdiri dari pre-amp ECG, filter notch, filter lowpass dan filter highpass. Setiap filter dilengkapi penguatan sehingga pada keluaran blok analog tegangan sinyal ECG yang dihasilkan dapat disampling oleh ADC mikrokontroler (tegangan sinyal ECG harus berkisar antara 0 hingga 5 volt). Pada blok rangkaian digital yang terdiri dari mikrokontroler, modul VDIP, dan USB Flash Disk . Blok rangkaian ini berfungsi untuk menyampling hasil sinyal dari blok analog menjadi data digital, memproses dan mengirim hasil data digital ke flash disk . Alat perekam ini menggunakan modul VDIP yang berguna sebagai interface antara mikrokontroler dengan USB Flash Disk. Dengan modul VDIP maka data sampling ECG hasil ADC mikrokontroler dapat langsung disimpan di USB Flash Disk. Untuk melihat ECG hasil dari alat perekam digunakan fitur grafik dari software Microsoft Excel. Hasil pengujian dari alat perekam ECG ini telah berhasil merekam sinyal ECG, namun masih belum memenuhi standar medis, salah satunya disebabkan oleh banyaknya noise pada hasil ECG yang telah direkam. Tegangan keluaran berada di kisaran 0 hingga 5 volt. Siklus QRS dapat terekam namun untuk siklus P tidak terlihat. Sedangkan siklus T terlihat terlalu tinggi untuk jantung normal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/96/051000948
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Apr 2010 10:13
Last Modified: 21 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140630
[thumbnail of 051000948.pdf]
Preview
Text
051000948.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item