Studi Harga Air pada Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang,

Rohmah, IsmiHidayatur (2010) Studi Harga Air pada Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bendungan Selorejo terletak di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Akibat banyaknya sedimen yang menumpuk dari hulu sungai merupakan masalah yang terjadi pada Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Hal ini mengakibatkan tampungan air pada bendungan berkurang. Sehingga mengurangi kinerja pasokan pembangkit listrik tenaga air dan irigasi untuk masyarakat. Studi ini dilakukan untuk mengetahui berapa rupiah harga jual air untuk pembangkit listrik yang harus dibayar oleh PJB dan harga jual air untuk irigasi yang nantinya akan ditanggung oleh petani untuk biaya operasional dan pemeliharaan. Pembahasan dimulai dengan menganalisa besar biaya – biaya yang ada. Yakni terdiri dari biaya konstruksi awal pembangunan, biaya PLTA, biaya operasional dan pemeliharaan rutin serta biaya echosounding. Setelah itu dilakukan analisa manfaat yang pada akhirnya menghasilkan analisis ekonomi yang terdiri dari B/C, B-C, IRR, dan Analisa sensitivitas. Pembahasan studi ini meliputi tahun 2009 dengan tingkat suku bunga 11%. Menurut data yang diperoleh, harga air pada alternatif 1 yaitu berdasarkan Rencana Kerja Operasional Perusahaan (RKOP) pada tahun 2009 secara ekonomi mengalami kerugian, dengan harga PLTA sebesar Rp.72,6 per kWh dan pada kondisi eksisting irigasi tidak dikenakan biaya. Karena harga air pada alternatif 1 (RKOP) secara ekonomi tidak layak, maka dilakukan alternatif 2 untuk menaikkan harga air agar tidak mengalami kerugian (dilihat dari nilai B/C > 1). Dengan mempertimbangkan segi ekonomi konsumen. Dimana pada alternatif 2 memiliki nilai IRR dan B/C terbesar dan memberikan manfaat yang maksimal. Setelah melalui analisis ekonomi, harga air yang layak sebagai berikut PLTA Rp.414 per kWh dan harga air irigasi sebesar Rp.2,0/m 3 pada kondisi normal atau kondisi yang paling mínimum, dengan nilai B/C > 1, B-C = Rp. 50.794.386.096, IRR = 11,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/738/ 051101703
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Apr 2011 13:56
Last Modified: 06 Apr 2011 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140604
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item