Pengaruh Variasi Model Terhadap Respons Beban dan Lendutan Pada Rangka Kuda-Kuda Beton Komposit Tulangan Bambu,

WawanSatryawan (2010) Pengaruh Variasi Model Terhadap Respons Beban dan Lendutan Pada Rangka Kuda-Kuda Beton Komposit Tulangan Bambu,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam konstruksi suatu bangunan, beton dan kayu merupakan material yang paling banyak digunakan untuk membangun rumah tinggal. Beton bertulang merupakan campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar, air dan baja sebagai tulangan. Namun material ini terlalu mahal jika hanya digunakan untuk membangun perumahan rakyat kecil. Sedangkan kayu merupakan material struktural yang relatif lebih ekonomis, tetapi karena kelangkaannya membuat bahan bangunan ini tidak ekonomis lagi. Oleh karena itu diperlukan bahan alternatif yang bisa menggantikan material tersebut. Penggunaan bahan tulangan bambu pada rangka beton dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah. Salah satu gagasan dalam penelitian ini adalah membuat beton rangka kuda-kuda dengan menggunakan tulangan bambu. Dari beberapa penjelasan di atas, maka pada penelitian ini akan dibahas tentang pengaruh variasi model terhadap respons beban dan lendutan pada rangka kuda-kuda beton komposit tulangan bambu. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan beban terpusat pada benda uji yaitu kuda-kuda beton komposit tulangan bambu model A dan model B dengan faktor air semen tetap pada umur 28 hari. Pengujian dilakukan pada kuda-kuda beton dengan bentang 240 cm, tinggi 100 cm dan tebal 8 cm. Diameter tulangan bambu 1 cm dan sengkang besi diameter 4 mm. Proses pembebanan dilakukan secara bertahap sehingga mengalami lendutan dan mencapai beban maksimum saat benda uji mulai menampakkan retak. Pengamatan lendutan menggunakan alat Dial Gauge setiap penambahan beban LCD sebesar 1 setrip yang diletakkan pada dua titik buhul kuda-kuda beton. Data yang diambil dari hasil pengujian adalah data beban maksimum kuda-kuda beton saat mengalami keruntuhan dan nilai lendutan setiap pembebanan. Dari data pengamatan akan ditampilkan dalam bentuk grafik hubungan beban (P) dan lendutan (Δ) sehingga dapat dilihat perbedaan beban dan lendutan maksimum pada tiap variasi. Untuk mengetahui adanya perbedaan beban dan lendutan maksimum, maka digunakan analisa varian dua arah. Hasil pengujian menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai beban maksimum dan lendutan pada kuda-kuda beton komposit tulangan bambu model A dengan model B. Kuda-kuda beton komposit model B mampu menahan beban maksimum hingga 5320 kg dengan nilai lendutan 6,045 mm, sedangkan kuda-kuda beton komposit model A hanya mampu menahan beban maksimum sebesar 4389 kg dengan nilai lendutan 8,246 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/711/051100272
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2011 15:32
Last Modified: 21 Oct 2021 01:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140576
[thumbnail of 051100272.pdf]
Preview
Text
051100272.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item