Aplikasi Perhitungan Pembangunan Jalan Berbasis Java Menggunakan Global Positioning System.

Chanafi, Imam (2010) Aplikasi Perhitungan Pembangunan Jalan Berbasis Java Menggunakan Global Positioning System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu dari negara yang sedang berkembang, dimana pembangunan terjadi hampir pada semua sektor kehidupan masyarakat. Pelaksanaan pembangunan tidak hanya berpusat pada wilayah kota saja, namun juga ke daerah-daerah secara merata. Bidang konstruksi merupakan salah satu sektor yang sangat menunjang pembangunan nasional, hasil-hasil dari bidang konstruksi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyrakat, misalnya pembangunan sarana dan prasarana masyarakat terutama pada sarana transportasi dan perhubungan. Salah satu bentuk pembangunan sarana transportasi adalah perencanaan dan pembangunan jalan, dimana di dalamnya terdapat tiga proses utama yakni perencanaan titik stasiun, perencanaan bentuk alignment lengkung jalan, dan perencanaan volume pekerjaan secara keseluruhan. Bila perencanaan dan pembangunan jalan diperhitungkan secara manual maka akan memakan waktu yang cukup lama dan memungkinkan terjadinya penurunan tingkat kejelian, karena jika kedua hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan keterlambatan dalam tahap pembangunannya dan lebih fatal lagi menyebabkan terjadinya kesalahan dalam perhitungan yang sangat berdampak pada tingkat keamanan pengemudi, serta pembengkakan dalam pendanaannya. Guna mendukung keberhasilan dalam tahapan perencanaan jalan maka dikembangkan suatu sistem aplikasi yang dapat menggantikan manusia dalam melakukan perhitungan dan perencanaannya. Pada sistem ini akan mempergunakan device bluetooth GPS sebagai masukan dari sistem, dari data streaming device tersebut nantinya dapat ditentukan titik-titik stasiunnya, diperhitungkan alignment-alignment lengkung jalannya, dan pada tahapan akhirnya diperhitungkan volume pekerjaannya. Setelah semua tahapan selesai maka hasil perhitungannya akan ditampilkan kepada user dalam bentuk map dan laporan-laporan berformat html.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/709/051100270
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2011 09:41
Last Modified: 21 Oct 2021 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140573
[thumbnail of 051100270.pdf]
Preview
Text
051100270.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item