Sistem Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Estimator Extended Kalman Filter.

WillyFajrulIslam (2010) Sistem Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Estimator Extended Kalman Filter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu alasan penggunaan motor DC dalam dunia industri adalah karena motor DC memiliki kecepatan kerja yang lebih mudah untuk diatur dalam satu rentang kecepatan yang besar, selain itu terdapat banyak metode untuk mengatur kecepatan motor DC. Pengaturan putaran kecepatan motor DC ini pada umumnya menggunakan perangkat tambahan sebagai umpan baliknya, seperti tachogenerator . Penambahan perangkat ini tentunya menambah biaya dalam pengoperasian motor dan juga memiliki kelemahan seperti keakuratan sensor dalam menghitung kecepatan ataupun adanya distorsi dalam proses perhitungan kecepatan. Kalman Filter adalah suatu set persamaan matematis yang berulang ( recursive ) untuk mengestimasi state dalam suatu proses dengan cara meminimalisasi error rata-rata. Extended Kalman Filter (EKF) adalah suatu cara untuk mengaplikasikan sistem yang nonlinier pada Kalman Filter. Berbeda dengan Kalman Filter, EKF bukan merupakan optimal filter, karena perhitungannya berdasarkan pada pendekatan yang dilakukan filter ini kepada model sistem non-linier yang digunakan. Dalam skripsi ini berhasil dikembangkan suatu sistem pengaturan dengan menggunakan EKF sebagai estimator kecepatan dari motor DC dengan perubahan beban yang diketahui besar torsinya dan sebagai sistem pengaturan motor DC tersebut dalam sebuah simulasi di MATLAB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/679/051100040
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Feb 2011 09:17
Last Modified: 21 Oct 2021 00:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140539
[thumbnail of 051100040.pdf]
Preview
Text
051100040.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item