Monitoring Dan Pengendalian Jadwal Proyek Pada pembangunan Rumah Sakit Sentra Rehabilitasi Cidera Olahraga Nasional Dengan Tracking Progress Pada MS Project.

AdiWibowo (2010) Monitoring Dan Pengendalian Jadwal Proyek Pada pembangunan Rumah Sakit Sentra Rehabilitasi Cidera Olahraga Nasional Dengan Tracking Progress Pada MS Project. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangya pembangunan di kota – kota besar terutama kota Jakarta member dampak persaingan diantara kontraktor untuk dapat menyelesaikan proyek dengan tepat dan baik sesuai perencanaan yang telah ditentukan sebelumnya. Pengendalian jadwal yang baik akan mendukung suksesnya pembangunan sebuah proyek. Pengendalian jadwal pada proyek pembangunan Rumah Sakit Sentra Rehabilitasi Cidera Olahraga Nasional ini akan dicoba penerapan tracking pada MS Project. Tujuan dari peneitian ini untuk mengetahui penggunaan tracking pada MS project untuk monitoring dan pengendalian jadwal, untuk mengetahui perbedaan waktu antara rencana dan monitoring secara manual, untuk mengetahui perbedaan waktu antara hasil tracking dengan pelaksanaan monitoring, dan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dengan menggunakan tracking pada MS Project untuk pengendalian jadwal proyek. Pada proyek ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program MS Project. Untuk mengetahui keterlambatan yang terjadi pada proyek. Proses pengolahan data dilakukan degan 3 tahap yaitu : pembuatan jadwal dengan MS Project, Tahap pengamatan di lapangan dan tahap up dating. Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan hasil monitoring yang menggunakan tracking pada MS Project dengan hasil monitoring secara manual. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa tracking dapat memberikan Informasi tentang perkembangan pelaksanaan proyek yang terjadi di lapangan pada setiap periodenya. Seperti yang terdapat pada tabel tracking, diantaranya : Actual cost, Actual start, dan Actual finish. Selain dalam bentuk tabel tracking hasil juga dapat dilihat dari gant chart dan traking gantt. Terdapat sedikit perbedaan waktu antara jadwal rencana dengan hasil tracking dan monitoring. Pada periode 10 dan 12 mengalami keterlambatan yang cukup signifikan. Tetapi tidak sampai melakukan perubahan jadwal rencana, dan masalah keterlambatan dapat dilihat dari % complete yang terjadi dilapangan sehingga dapat memudahkan pihak kontraktor untuk mengetahui pekerjaan yang terlambat. Selain itu dengan melihat tabel variance dapat mengetahui berapa hari keterlambatan itu terjadi., sehingga kontraktor bisa mengantisipasi keterlambatan pada periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/67/0501000663
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Mar 2010 09:44
Last Modified: 21 Oct 2021 00:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140529
[thumbnail of 051000663.pdf]
Preview
Text
051000663.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item