Upaya Perpustakaan Umum Kota Batu Dalam Penyelesaian Pelanggaran Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Penegakan Hukum Administrasi Negara)

Pratama, Ramadhan Putra (2017) Upaya Perpustakaan Umum Kota Batu Dalam Penyelesaian Pelanggaran Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Penegakan Hukum Administrasi Negara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara yang dilandaskan oleh hukum. Pada dasarnya hak warga Negara telah diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satu hak yang diatur dalam konstitusi adalah hak untuk mengembangkan diri guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan yang didapat melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya. Ilmu dan pengetahuan dapat diperoleh dari beberapa cara, salah satunya dengan membaca buku. Perpustakaan merupakan tempat alternatif untuk memperoleh buku yang di inginkan. Pembaca dapat meminjam buku diperpustakaan untuk dibaca atau dipinjam. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu No. 041/24/SOP/Perpus/422.209/2014 telah mengatur bahwa pemustaka bisa meminjam koleksi perpustakaan maksimal 7 hari dan dapat diperpanjang 3 kali peminjaman. Namun, pada perkembangannya, muncul persoalan yakni pelanggaran terhadap aturan diatas yang dilakukan oleh Pemustaka (peminjam buku). Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang keterlambatan pengembalian buku yang dipinjam oleh Pemustaka serta menganalisis upaya dan kendala Perpustakaan Umum Kota Batu dalam penyelesaian keterlambatan pengembalian buku. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis yang dihubungkan dengan peraturan perundang-undangan. Bahan hukum yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknis analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa pentingnya diatur lebih rinci mengenai Standar Operasional Prosedur guna menindaklanjuti kemungkinan keterlambatan pengembalian yang dilakukan oleh Pemustaka melalui media elektronik seperti Email, Media Sosial, dan Short Message Service. serta diharapkan diatur mengenai sanksi yang lebih tegas dari sanksi blokir yang telah ada namun dirasa kurang memberikan efek jera bagi Pemustaka.

English Abstract

Indonesia is a state law that all matters in Indonesia is conducted applicable by law. Basically the rights of citizens have been regulated in the Constitution of Republic of Indonesia Year 1945. One of the rights stipulated in the Constitution is the right to develop in order to improve the quality of life and well-being obtained through the fulfillment of basic needs, education of science and technology, art and culture. Science and knowledge can be obtained from several ways, one by reading a book. The library is an alternative place to obtain the desired book. Readers can borrow books to read in the library or borrowed. Standard Operating Procedure (SOP) Office of Library and Archives In Batu City No. 041/24 / SOP / Perpus / 422 209/2014 has been set that can borrow library collections pemustaka maximum of 7 days and can be extended three times borrowing. However, in its development, the problem appears that a violation of the rules above are performed by pemustaka (borrower book). This study raised issues about the late return of books borrowed by Pemustaka and analyze the efforts and constraints Public Library In Batu City in the settlement late return of books. To solve these problems, the writer used juridical empirical legal research with a sociological juridical approach associated with the legislation. Legal materials obtained will be analyzed using qualitative analysis techniques. The results from this study that the importance of a more detailed set of Standard Operating Procedures to follow up the possibility of delay in the return made by Pemustaka through electronic media such as e-mail, Social Media, and Short Message Service. and is expected to be set on the sanctions more rigorous than the existing block sanctions, but it is less deterrent effect for Pemustaka

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2016/456/051809387
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Keterlambatan, Sanksi-Libraries, Delay, Sanctions
Subjects: 300 Social sciences > 344 Labor, social service, education, cultural law > 344.09 Culture and religion > 344.092 Libraries and archives
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 04 Dec 2018 07:33
Last Modified: 09 Nov 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14049
[thumbnail of Ramadhan Putra Pratama.pdf]
Preview
Text
Ramadhan Putra Pratama.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item