Analisis Tahapan Konstruksi (Construction Stage Analysis) Pada Model Jembatan Kabel (Cable Stayed) Dengan Metode Optimasi Untuk Mendapatkan Gaya Penegangan Awal Kabel (Initial Cable Pretension).

AliMasrodin (2010) Analisis Tahapan Konstruksi (Construction Stage Analysis) Pada Model Jembatan Kabel (Cable Stayed) Dengan Metode Optimasi Untuk Mendapatkan Gaya Penegangan Awal Kabel (Initial Cable Pretension). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jembatan kabel ( cable stayed ) merupakan pilihan desain jembatan yang ekonomis untuk panjang bentang jembatan diantara 200 m – 1000 m yang menawarkan penampilan yang estetis dan struktur yang efisien. Jembatan kabel ( cable stayed ) sebagian besar dibangun dengan metode balanced cantilever , sehingga harus dilakukan analisis secara terpisah pada setiap tahap kontruksinya, sesuai dengan keadaan beban kerja yang terjadi dan sistem struktur jembatan . Maka sangat penting dilakukan analisis tahapan kontruksi ( construction stage analysis ) yang memungkinkan desainer mengetahui gaya penegangan awal kabel ( initial cable pretension ) serta distribusi gaya-gaya dalamnya di setiap tahap kontruksi dan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan dengan cepat dan tepat yang mampu mengurangi resiko kesalahan kerja, waktu kontruksi dan biaya. Model analisis adalah setengah bentang main bridge Jembatan Kabel Suramadu yang telah dimodelkan berdasarkan metode elemen hingga dengan MIDAS/CIVIL. Metode optimasi pada MIDAS/CIVIL akan mengkalkulasikan gaya awal penegangan kabel. Penerapan gaya tarik ini ketika instalasi kabel akan menghasilkan nilai lendutan vertikal mendekati nol pada segmen yang baru terpasang, sedangkan pada tahap akhir konstruksi mampu mengurangi nilai lendutan vertikalnya dan membuatnya menjadi lebih smooth . Selain itu, gaya yang bekerja di setiap kabel menjadi lebih harmonis. Di sepanjang gelagar model jembatan , bending momennya bernilai kecil dan merupakan elemen tekan, sehingga membuat titik tumpuannya dengan pylon menjadi lebih stabil serta membuatnya menjadi lebih kaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/578/051003389
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Dec 2010 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 00:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140481
[thumbnail of BAB_I_FINAL_(InsyaAllah)_.pdf]
Preview
Text
BAB_I_FINAL_(InsyaAllah)_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_FINAL_(insyaAllah).pdf]
Preview
Text
BAB_II_FINAL_(insyaAllah).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_FINAL_(InsyaAllah).pdf]
Preview
Text
BAB_III_FINAL_(InsyaAllah).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CoveR__SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
CoveR__SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_FINAL__(insyallah).pdf]
Preview
Text
BAB_IV_FINAL__(insyallah).pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_FINAL__(insyallah).pdf]
Preview
Text
BAB_V_FINAL__(insyallah).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_IS1_final.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_IS1_final.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_FINAL__InsyaAllah_.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_FINAL__InsyaAllah_.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item