Rancang Bangun Sistem Penuntun Parkir dengan Pengolahan Citra Digital

AnjarPUtomo (2010) Rancang Bangun Sistem Penuntun Parkir dengan Pengolahan Citra Digital. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya minat masyarakat pada pembelian mobil menyebabkan permasalahan baru yaitu penyediaan lahan parkir. Cukup banyak sistem deteksi parkir yang berkembang di masyarakat, dan skripsi ini dibuat sebagai salah satu metode yang bisa menjadi alternatif penting dalam sistem deteksi parkir itu sendiri. Pada tugas akhir ini, dibuat sistem penuntun parkir dengan pengolahan citra dengan bantuan satu kamera dan beberapa alat peraga yang dipakai sebagai simulasi. Pengambilan citra atau gambar dari mobil yang akan dideteksi dengan sebuah kamera dengan jarak tertentu. Kemudian citra tersebuat akan dijadikan sebagai masukan dari sistem penuntun parkir dengan metode pengolahan citra. Sistem akan mendeteksi dimana posisi parkir yang telah terisi mobil atau tidak, sehingga keberadaan parkir kosong dapat diketahui dari tempat lain. Pengujian dilakukan dengan metode pengujian secara real-time . Pengujian dilakukan dengan simulasi mobil mainan, dimana skala 1:43. Mobil mainan diletakkan pada suatu media abu-abu yang mewakili jalan. Kondisi yang diperlukan agar program ini dapat berjalan adalah ketinggian kamera, tingkat pencahayaan yang seideal mungkin dan penggunaan kamera dengan resolusi tertentu Setelah membandingan intensitas rata-rata Red, Green, Blue pada luasan tertentu, sehingga didapatkan hasil dari deteksi kamera, yaitu 2 keadaan, terisi atau kosong. Aplikasi ini bekerja dengan baik pada intensitas cahaya sedang dengan prosentase kesalahan sebesar 25 %. Pada kondisi pengujian dengan intensitas cahaya yang berubah-ubah, didapatkan prosentase kesalahan sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/570/051003381
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Dec 2010 10:10
Last Modified: 20 Oct 2021 23:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140472
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Seminar_skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_Seminar_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGANTAR_dan_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
PENGANTAR_dan_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item