Kajian Upaya Peningkatan Efisiensi Irigasi Pada Jaringan Irigasi Kali Lanang Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

RiefkiNurdiyanto (2010) Kajian Upaya Peningkatan Efisiensi Irigasi Pada Jaringan Irigasi Kali Lanang Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan air irigasi dan banyaknya kekurangan air pada saluran irigasi. Sehingga terjadi ketidak sesuaian antara debit air yang tersedia dengan debit air yang dibutuhkan dilapangan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kehilangan air yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu; rembesan, perkolasi, dan pengambilan liar. Banyaknya kehilangan air pada saluran irigasi inilah yang mengakibatkan efisiensi irigasi pada Jaringan Irigasi Kali Lanang menjadi rendah. Maka dari itu diperlukan suatu usaha/upaya untuk mengatasi banyaknya kehilangan air pada Jaringan Irigasi. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi irigasi pada pada Jaringan Irigasi Kali Lanang. Suatu Jaringan Irigasi dibagi menjadi sub-sub bangunan Jaringan Irigasi untuk mendapatkan besar efisiensi yang lebih terperinci. Dalam studi ini Jaringan Irigasi dibagi menjadi 12 bangunan Jaringan Irigasi Kali Lanang dengan luas baku sawah total 457 ha. Studi ini dilaksanakan dengan menganalisis data debit, dengan melakukan pengamatan antara debit pada intake dan debit pada outlet. Sehingga dapat mengetahui besarnya debit air yang hilang dengan debit air yang tersalurkan sesuai dengan tujuan irigasi. Maka dari analisa tersebut dapat diketahui besarnya efisiensi irigasi. Hasil dari studi ini, bahwa dalam mengatasi masalah kehilangan air dan meningkatkan efisiensi pada Jaringan Irigasi ini dilakukan benerapa alternatif yaitu: pelaksanaan linning pada saluran, pelaksanaan plesteran pada saluran, pelaksanaan linning dan plesteran pada saluran. Dari ketiga alternatif tersebut pelaksanaan linning pada saluran lebih efektif dalam meningkatkan efisinsi irigasi menjadi 72,2%, sehingga tidak perlu semua alternatif digunakan dalam peningkatan efisiensi irigasi, Maka dengan menggunakan satu alternatif tersebut sudah dapat melakukan penghematan biaya. Biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan linning saluran pada Jaringan Irigasi Kali Lanang ini adalah sebeasar Rp. 3.740.626.000,00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/390/051002589
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2010 10:25
Last Modified: 20 Oct 2021 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140362
[thumbnail of BAB_IV_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_RIEFKI_FIX.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_RIEFKI.pdf]
Preview
Text
BAB_V_RIEFKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_RIEFKI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_RIEFKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_RIEFKI.pdf]
Preview
Text
COVER_RIEFKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_&_DFTR_ISI_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_&_DFTR_ISI_RIEFKI_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_RIEFKI_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_III_RIEFKI_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_II_RIEFKI_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACK_RIEFKI.pdf]
Preview
Text
ABSTRACK_RIEFKI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_RIEFKI_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_I_RIEFKI_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item