Anggraeni, Eka Nova (2018) Persepsi Konsumen Terhadap Kualitas Sayuran Organik Di Perumahan Bukit Cemara Tidar, Karang Besuki, Sukun, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sayuran organik merupakan salah satu produk yang terdiferensiasi dan memiliki interpretasi yang beragam tentang kualitasnya sehingga sering menimbulkan perdebatan di antara produsen maupun konsumennya. Produsen sayuran organik akan tidak efisien jika hanya menenempatkan produknya di pasar dan menunggu reaksi konsumen dalam memasarkan produknya karena tingkat kegagalan pada produk baru cukup tinggi. Produsen perlu mengkomunikasikan kualitas kepada konsumen dan konsumen perlu membuat kesimpulan yang akan menjadi prediktif terhadap kualitas yang dialami nantinya. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka konsumen tidak akan membeli produk dengan kualitas yang berbeda atau permintaan mereka akan terbatas pada pembelian percobaan. Oleh sebab itu dalam mengembangkan pasar sayuran organik menjadi sangat penting untuk melibatkan aspek persepsi konsumen terhadap kualitas yang dimiliki. Penelitian dilakukan di Perumahan Bukit Cemara Tidar, Karangbesuki, Sukun, Kota Malang pada bulan Februari-Maret 2018. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpukan melalui kuisioner kepada 60 responden dengan kriteria pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi sayuran organik. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis faktor dengan metode Principal Component Factoring (PCF). Keseluruhan analisis menggunakan software Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 16. Hasil dari analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa secara umum persepsi konsumen terhadap kualitas sayuran organik adalah positif. Persepsi konsumen yang positif dengan nilai rata-rata yang tinggi ditunjukkan pada atribut kualitas label organik, kandungan nutrisi, manfaat kesehatan, bebas pestisida, kesejahteraan lingkungan, penampilan, kesegaran, rasa, warna, persiapan konsumsi, dan harga. Namun terdapat satu atribut kualitas yaitu outlet lokal yang memiliki persepsi negatif dengan nilai rata-rata yang rendah. Hal ini dikarenakan konsumen sulit menemukan sayuran organik yang dijual di outlet/toko lokal. Sedangkan melalui analisis PCF, terbentuk empat faktor yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas sayuran organik. Faktor tersebut antara lain faktor manfaat, faktor eksternal, faktor visual, dan faktor sensorik. Keempat faktor tersebut dapat menjelaskan sebesar 69,59% dari keseluruhan varians. Faktor yang dapat menjelaskan varians terbanyak adalah faktor manfaat dengan total varians yang dapat dijelaskan sebesar 22,56%. Produsen atau pelaku usaha sayuran organik disarankan dapat mengembangkan strategi pemasaran dengan fokus pada faktor-faktor yang telah dianalisis dalam penelitian ini agar konsumen dapat memiliki persepsi yang positif terhadap kualitas sayuran organik. Produsen juga perlu mempertimbangkan untuk menjual produknya di outlet atau toko-toko sayuran lokal agar konsumen
English Abstract
Organic vegetables are one of the differentiated products and have diverse interpretations of the quality among producers and consumers. The producers of organic vegetables will not be efficient if only put their products on the market and waiting for consumer reactions in introducing new products, as the high failure rates of new products in the food sector demonstrate. The producers need to communicate the quality to consumers and consumers need to make a conclusion that will be predictive to the quality experienced later on. If it is not done, then the consumers will not buy the products with different quality or the demand will be limited to the purchase trial only. Therefore, it becomes very important to involve the aspects of consumer’s perception toward quality of product in developing the market of organic vegetables. The research was conducted in Bukit Cemara Tidar Residence, Karangbesuki, Sukun, Malang City in February-March 2018. The data used are primary data collected through questionnaires to 60 respondents with the criteria of ever buying and consuming organic vegetables. The method that were used are descriptive statistical analysis and factor analysis using Principal Component Factoring (PCF). All of these analyses were conducted in Microsoft Excel 2010 and SPSS ver. 16. The result of descriptive statistical analysis show that in general the consumer’s perception toward quality of organic vegetables is positive. Positive consumer’s perception with the high mean values are shown in the quality attributes of organic label, nutritional content, health benefits, pesticide-free, enviromental well-being, appearance, freshness, taste, color, consumption preparation, and price. However there is one quality attribute, local store, which having negative consumer’s perception with the low mean value. This is due to difficulty in finding organic vegetables at local stores. On the other hand, by using PCF analysis, four factors are categorised as the factors affecting the consumer’s perception toward quality of organic vegetables, i.e., benefits factor, external factor, visual factor, and sensory factor. Those four factors are able to explain as much as 69.59% of the sample variance. Benefit factor is able to explain the most variance with a total variance of 22.56%. The producers or entrepreneurs of organic vegetables is suggested to develop a marketing strategy by focusing on the factors analyzed in this study so that the consumers will have a positive perception toward quality of organic vegetables. The producers also need to consider the market place of organic vegatables in local stores in order to make consumers easier to access the products and making time efficiency.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/406/051807650 |
Uncontrolled Keywords: | sayuran organik |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 635 Garden crops (Horticulture) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 07:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14031 |
Preview |
Text
EKA NOVA ANGGRAENI.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |