Pengaruh Komposisi Campuran Mortar Terhadap Tegangan-regangan Model Dinding Bata Merah Akibat Gaya Tekan Searah Siar Horizontal.

Mahpuz (2010) Pengaruh Komposisi Campuran Mortar Terhadap Tegangan-regangan Model Dinding Bata Merah Akibat Gaya Tekan Searah Siar Horizontal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasangan dinding bata merah terdiri dari dua komponen yg berbeda sifat satu dengan yang lainnya, yaitu bata merah dan mortar. Saat diberikan tekanan maka dinding pasangan bata merah akan menunjukkan perilaku yang berbeda dari komponen penyusunnya. Komposisi mortar yang digunakan juga akan mempengaruhi perilaku dinding pasangan bata merah, salah satu perilaku yang dapat diamati yaitu daigram tegangan-regangan yang dihasilkan. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah mencari pengaruh komposisi mortar terhadap tegangan-regangan model dinding pasangan bata merah dari pembebanan searah siar horizontal. Tujuan yang lain adalah untuk mengetahui komposisi mortar manakah yang paling baik digunakan sebagai dinding pasangan. Selain itu juga ingin diketahui apakah komposisi mortar berpengaruh terhadap bentuk diagram tegangan-regangan model dinding pasangan bata merah. Pada proses penelitian ini dilakukan proses pengujian dinding bata berukuran ± 48cm x 48cm x 11cm menggunakan mesin uji tekan UTM dengan variasi komposisi mortar berat semen : pasir = 1:3, 1:5, 1:7, masing-masing variasi tiga benda uji. Sementara itu tebal siar tegak dan datar 1,5 cm. Pengujian dengan beban searah siar horizontal setelah dinding uji berusia 14 hari. Hasil penelitian secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa komposisi mortar mempengaruhi tegangan runtuh model dinding pasangan bata merah. Untuk komposisi mortar yang paling baik ditentukan dari fungsi dinding tersebut, apakah sebagai bagian struktural atau sebagai dinding pengisi. Didapat hasil tegangan runtuh yang terbesar dari komposisi mortar 1 : 3. Dari penelitian ini juga didapatkan bahwa komposisi mortar berpengaruh terhadap bentuk daigram tegangan-regangan yang dihasilkan dari pembebanan searah siar horizontal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/114/051001032
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Apr 2010 09:40
Last Modified: 20 Oct 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140300
[thumbnail of 051001032.pdf]
Preview
Text
051001032.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item