Alat pemantau data hasil pembacaan instrumen elektronik industri VIA HP

RaudhatulIsnaini (2009) Alat pemantau data hasil pembacaan instrumen elektronik industri VIA HP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instrumen elektronik sangat berperan pada industri kecil, industri menengah maupun industri besar. Data hasil pembacaan instrumen elektronik industri harus sering dipantau sehingga membutuhkan operator yang bertugas memantau langsung di lapangan dalam jumlah banyak. Pemantauan semakin sulit apabila instrumen elektronik industri berada pada lokasi yang sulit dijangkau seperti dibawah konveyor. Akan tetapi, pemantauan akan menjadi mudah apabila dapat diakses langsung dari HP operator melalui media SMS. Modul ini dirancang dengan menggunakan HP Siemen tipe C45 sebagai media transfer dan terima pesan. Mikrokontroler sebagai pusat kontrol sistem menggunakan ATMega16. Antar muka mikrokontroler dengan HP dilakukan secara serial asingkron. Spesifikasi instrumen elektronik industri yang terhubung dengan modul dimasukkan melalui keypad dan tersimpan pada memori ( non-volatile ). Program terdiri atas program pengolahan data, konversi teks menjadi PDU, terima pesan dan kirim pesan. Pemantauan dilakukan dengan cara mengirim pesan kepada modul untuk meminta data yang sedang terbaca. Modul mengirim data kepada operator secara otomatis apabila data yang terbaca diluar jangkauan aman instrumen elektronik industri. Spesifikasi instrumen elektronik industri yang terhubung dengan modul harus dimasukkan terlebih dahulu supaya data yang dihasilkan benar. Instrumen elektronik industri yang digunakan dalam pengujian adalah PH Transmiter dan ORP Transmiter yang diproduksi oleh Eutech Instruments, dan Apex Gas Detektor yang diproduksi oleh Zellweger Analytics. Hasil pengujian yang diperoleh sesuai dengan data sebenarnya dalam manual book . Spesifikasi instrumen elektronik industri yang terhubung dengan modul harus dimasukkan terlebih dahulu supaya data yang dihasilkan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/93/050900837
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Apr 2009 14:10
Last Modified: 20 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140279
[thumbnail of Kata_Pengantar_&_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar_&_Daftar_Isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover_&_Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Cover_&_Lembar_Persetujuan.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item