Pengaruh Variasi Fraksi Berat Fluks Naf, MgCl2 Terhadap Metal Consumption Dan Kekuatan Tarik Aluminium Paduan AA 6061 BE”.

HendryckAndhikaElhana (2009) Pengaruh Variasi Fraksi Berat Fluks Naf, MgCl2 Terhadap Metal Consumption Dan Kekuatan Tarik Aluminium Paduan AA 6061 BE”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fluk adalah bahan yang ditambahkan ke dalam proses peleburan yang menyebabkan slag mempunyai titik lebur dibawah temperatur yang lebih rendah dalam sistem. Fluk dapat membantu mencegah terjadinya slag dan zat-zat yang tidak larut lainnya dari pembekuan di daerah dingin dipermukaan dapur. Penambahan fluk garam akan mengapungkan partikel inklusi dengan cara berikatan dengan partikel individu dan melembabkan inklusi pada Aluminium. Fluk garam dapat melindungi Aluminium dari oksidasi dengan membentuk suatu lapisan film. Jenis fluk yang digunakan dalam penelitian ini adalah NaF dan MgCl 2. Sedangkan sebagai bahan utama digunakan aluminium paduan AA 6061 BE Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi fraksi berat fluks NaF, MgCl2 terhadap Metal Consumption dan kekuatan tarik aluminium paduan AA 6061 BE. Metode pemberian fluk adalah dengan menaburkan fluk pada permukaan leburan dengan mencampuran fluk pada lapisan dros. Setelah fluk diberikan, dibutuhkan waktu yang cukup agar terjadi settling dari inklusi berat atau mengapungnya fluk garam yang ringan dan inklusi dari fluk yang lembab. Waktu tunggu yang diperlukan adalah 5-10 menit untuk dapur ukuran kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian nyata ( true experimental research ) yang ditujukan untuk mengetahui pengaruh variasi fraksi berat fluk terhadap metal consumption dan kekuatan tarik aluminium paduan. Data dan informasi pendukung diperoleh dari kajian buku, artikel dan jurnal dari internet. Hasil penelitian berupa kesimpulan yang disertai data-data yang menyatakan bahwa terjadi perubahan terhadap metal consumption dan kekuatan tarik setelah dilakukan penambahan fluk. Dimana variasi fraksi berat fluk terbaik untuk Metal Consumption adalah 5%, dengan nilai Metal Consumption sebesar 1,07 gram per gram, dan variasi fraksi berat fluk terbaik untuk kekuatan tarik adalah pada fraksi berat 3%, dengan nilai kekuatan tarik sebesar 415,24 N.mm -2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/82/050900768
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Mar 2009 10:55
Last Modified: 20 Oct 2021 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140268
[thumbnail of 050900768.pdf]
Preview
Text
050900768.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item