Perancangan Dan Pembuatan Driver Motor DC Brushed Menggunakan H-Bridge E-MOSFET Kanal N Untuk Robot KRI Dan KRCI.

AhmadFirdausSyahputra (2009) Perancangan Dan Pembuatan Driver Motor DC Brushed Menggunakan H-Bridge E-MOSFET Kanal N Untuk Robot KRI Dan KRCI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi robotika di dunia telah berkembang dengan sangat pesat. Indonesia sebagai negara berkembang ikut berpartisipasi dalam perkembangan teknologi robotika dunia dengan mengadakan kontes robot tiap tahunnya dengan nama KRI (Kontes Robot Indonesia) dan KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia). Dalam kontes robot ini setiap tim dituntut untuk menunjukkan performa terbaiknya. Performa terbaik tidak hanya diwujudkan dengan strategi yang matang, namun juga dengan part robot yang handal. Salah satu part robot yang cukup penting adalah part robot untuk pergerakan. Part ini meliputi bagian mekanik, motor DC, dan driver motor. Salah satu alternatif driver motor yang dapat digunakan adalah menggunakan driver H-bridge E-MOSFET kanal N. Driver motor DC brushed menggunakan H-bridge E-MOSFET kanal N dirancang dengan 4 blok, yaitu : multivibrator , charge pump , driver optik dan H-bridge E-MOSFET kanal N. Driver ini diuji pada plan simulasi dengan bobot 10 kg yang bergerak selama 7 menit dengan arah dan kecepatan yang berubah-ubah secara periodik dan berulang setiap 30 detik, serta menggunakan motor DC brushed dengan arus maksimal 3,7A pada kondisi terbeban. Dari hasil perancangan dan pengujian dapat disimpulkan bahwa driver dapat dirancang dan dibuat serta dapat diaplikasikan pada plan simulasi dengan rise time dan fall time sinyal keluaran driver dengan masukan sinyal pengontrol arah motor masing-masing adalah 188,5 μ s dan 1,8ms, dan sinyal PWM efektif yang dapat diterapkan adalah dengan frekuensi 1kHz dan duty cycle 0%-90%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/610/051000106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Feb 2010 09:20
Last Modified: 20 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140218
[thumbnail of 051000106.pdf]
Preview
Text
051000106.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item