Pengaruh Perkembangan Tata Letak Fasilitas Produksi Terhadap Produktivitas (Studi Kasus di PG Krebet Baru I Bululawang - Malang).

AdityaNugroho (2009) Pengaruh Perkembangan Tata Letak Fasilitas Produksi Terhadap Produktivitas (Studi Kasus di PG Krebet Baru I Bululawang - Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang terjadi di PG Krebet Baru I adalah berkaitan dengan perkembangan fasilitas-fasilitas produksi yang kurang teratur yang disebabkan pembangunan fasilitas-fasilitas produksi yang dipaksa pada area tertentu saja. Sehingga dapat menyebabkan permasalahan seperti kegiatan supervisi jadi sulit untuk dilakukan, pergerakan pegawai terbatas, kenyamanan dari pegawai kurang, dll. Akibatnya produktivitas tidak mampu memenuhi target dari manajemen. Dan keuntungan yang diperoleh juga tidak maksimal. Setelah dilakukan pengolahan data yang meliputi l ayout fasilitas produksi, data peta aliran proses produksi, kemudian nama, dimensi serta kebutuhan spac e tiap-tiap mesin, jarak dan lama waktu pergerakan, dan yang terakhir adalah data tentang produktivitas PG Krebet Baru I. Dapat kita simpulkan bahwa perkembangan tata letak berbanding lurus dengan jarak dan lama perpindahan. Dikarenakan semakin penuh area, maka jarak dari suatu tempat ke tempat lain akan semakin jauh. Selain itu semakin penuh kondisi suatu lokasi maka, akan memerlukan waktu yang lama untuk melakukan perpindahan. Kondisi tersebut juga dapat mengganggu kenyamanan pegawai, ketika begitu terjadi kecelakaan para pekerja butuh waktu yang lebih lama untuk keluar dari lokasi dan menyelamatkan diri. Dengan berkembangnya tata letak tidak menyebabkan produktivitas perusahaan meningkat. Malah ada kecenderungan untuk turun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/61/050900701
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Apr 2009 11:25
Last Modified: 20 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140217
[thumbnail of 050900701.pdf]
Preview
Text
050900701.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item