Data logger Pengukuran Sinyal Analog Menggunakan SD card Sebagai Media Penyimpanan.

DahnialSyauqy (2009) Data logger Pengukuran Sinyal Analog Menggunakan SD card Sebagai Media Penyimpanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Data logger merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk merekam data dari suatu perangkat instrumen elektrik. Data yang telah terekam tersebut digunakan untuk analisis lebih lanjut mengenai obyek yang diukur. Data logger dirancang untuk mengambil sampel data dan menyimpannya secara periodik. Karena itu, data logger harus dapat menyimpan data sesuai dengan ukuran data yang disampel dan seberapa sering data logger mengambil data secara periodik. Sejalan dengan perkembangan teknologi, memori yang murah dengan daya tampung yang besar mudah ditemukan. Salah satu memori tersebut adalah SD card . SD card menawarkan fitur komunikasi SPI ( Serial Peripheral Interface ) yang mempermudah komunikasi dengan unit pengolah utama berupa mikrokontroler. Basis waktu untuk penentuan kecepatan sampling ditangani oleh IC Real Time Clock . Data rekaman yang tersimpan dalam SD card disimpan dalam format file teks (*.TXT) dan mengikuti aturan filesystem FAT16 agar kemudian dapat dianalisis menggunakan software komputer. Dari hasil pengujian sistem secara keseluruhan didapatkan kesimpulan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik dan dapat menyimpan sinyal masukan analog secara periodik ke dalam SD card yang selanjutnya dianalisis menggunakan software komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/602/051000098
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2010 12:14
Last Modified: 20 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140207
[thumbnail of 051000098.pdf]
Preview
Text
051000098.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item