Aplikasi Sistem Pembayaran Rekening Listrik Melalui Jaringan GPRS.

AhmadZamahsyariHardiansyah (2009) Aplikasi Sistem Pembayaran Rekening Listrik Melalui Jaringan GPRS. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi WAP ( Wireless Application Protocol ) merupakan sebuah metode yang memungkinkan internet dapat diakses oleh telepon seluler. Dengan menggabungkan pemrograman WML ( Wireless Markup Language ) dengan pemrograman PHP, akan menghasilkan aplikasi WAP yang dinamis, sehingga dapat mengakses database dan menampilkan informasinya kedalam telepon seluler user . Salah satu aplikasi dengan teknologi WAP adalah M-Commerce ( Mobile Commerce ), yaitu suatu metode transaksi finansial dengan menggunakan telepon seluler berbasis GPRS. Dengan M-Commerce transaksi tersebut dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun menggunakan telepon seluler, selama masih terdapat jaringan GPRS. Sistem pembayaran rekening listrik ini dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu: analisis, desain, implementasi dan pengujian. Sistem ini menyediakan dua buah portal dengan user yang berbeda, yaitu WAP portal yang diakses oleh user melalui telepon seluler berbasis GPRS, dan WEB portal yang diakses oleh pihak manajemen untuk melihat laporan yang dibutuhkan, dan mengisi data -data yang berhubungan dengan pembayaran rekening listrik. Sistem pembayaran rekening listrik ini dikembangankan dengan menggunakan bahasa pemrograman WML untuk WAPsitenya, PHP untuk WEBsitenya, MySQL sebagai databasenya, dan web server Apache. Proses pengujian terhadap perangkat lunak sist em pembayaran rekening listrik dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengujian algoritma dengan menggunakan teknik pengujian white box ( white box testing ) dan pengujian validasi dengan menggunakan teknik pengujian black box ( black box testing ). Hasil akhir aplikasi ini berupa sistem pembayaran rekening listrik dengan simulasi sistem pembayaran berupa bank virtual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/566/050903561
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jan 2010 10:17
Last Modified: 19 Oct 2021 21:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140167
[thumbnail of 050903561.pdf]
Preview
Text
050903561.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item