Pemodelan Kecelakaan Kendaraan Roda Empat ditinjau dari Aspek Geometrik Jalan dan Lalu Lintas (Studi Kasus di Wilayah Perkotaan Malang Raya)

KarinaSuryaPutri (2009) Pemodelan Kecelakaan Kendaraan Roda Empat ditinjau dari Aspek Geometrik Jalan dan Lalu Lintas (Studi Kasus di Wilayah Perkotaan Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan peristiwa dijalan yang terjadi secara tidak disengaja dan disangka, yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainya, yang mengakibatkan korban manusia maupun harta benda. Di Kota Malang, pada tahun 2007 kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda empat meningkat sebesar 66% dari tahun 2006 dan pada tahun 2008 menurun sebesar 28% dari tahun 2007. Sedangkan pada tahun 2009 data yang digunakan merupakan data kecelakaan selama 5 bulan yaitu sebesar 16 kecelakaan. Di Kota Batu, pada tahun 2007 kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda empat menurun sebesar 20,8% dari tahun 2006 dan pada tahun 2008 juga menurun sebesar 15,8% dari tahun 2007. Sedangkan pada tahun 2009 sama halnya dengan Kota Malang, pada Kota Batu data yang digunakan merupakan data kecelakaan selama 5 bulan yaitu sebesar 10 kecelakaan. Jumlah tersebut memang relatif lebih rendah dibandingkan jumlah kecelakaan sepeda motor yang terjadi di sepanjang tahun 2006 sampai 2009, namun perhatian kepada pengendara roda empat tetap diperlukan. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan untuk pemodelan kecelakaan kendaraan roda empat. Tahapan yang dimaksud adalah pengumpulan data yang diperlukan, pengklasifikasian variabel, pemodelan kemudian hasil dan pembahasan. Dari tahap pemodelan ini diharapkan dapat diketahui gambaran pengaruh kecelakaan terhadap karakteristik geometrik dan lalu lintas di wilayah perkotaan Malang Raya. Model ini dibuat untuk mengetahui pengaruh variabel geometrik (jumlah lajur, lebar lajur, lebar bahu, ketersediaan median, kelandaian) dan variabel lalu lintas (kecepatan dan volume kendaraan) terhadap kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda empat. Data geometrik dan lalu lintas pada 20 (dua puluh) ruas jalan di wilayah kajian (Kota Malang dan Kota Batu) digunakan untuk membuat model. Dalam analisis ini digunakan fungsi penghubung logaritmik dan tingkat signifikansi 5% ditetapkan sebagai kriteria dalam proses estimasi parameter model. Dari proses analisa didapatkan model kecelakaan kendaraan roda empat untuk wilayah perkotaan Malang Raya yaitu: CA = 6,23x10 -5 FLOW 1,114 EXP (-0.353 SHOULDER WIDTH +(-0,557) AVAILIBILITY OF MEDIAN + 0,951 GRADIEN + 0,066 SPEED) Dimana CA: kecelakaan kendaraan roda empat (kecelakaan/tahun), flow : arus lalu lintas (smp/jam), width shoulder : lebar bahu jalan (m), availability of median : ketersediaan median (0 = terdapat median, 1 = tidak terdapat median), gradien : kelandaian (0 = landai, 1 = terdapat kemiringan), speed : kecepatan (km/jam).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/559/050903411
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Dec 2009 14:20
Last Modified: 10 Dec 2009 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140157
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item