Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan dan Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Faktor Kepastian.

SyamsulIslam (2009) Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan dan Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Faktor Kepastian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kulit mempunyai fungsi penting pada tubuh manusia, yaitu sebagai tempat pembentukan vitamin D, pengatur suhu badan, perlindungan dan pertahanan tubuh. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit, seperti ras, iklim, polusi, genetik, hormonal, usia dan gaya hidup. Penanganan awal pada penderita yang terindikasi penyakit kulit secara tepat dan cepat mutlak dilakukan. Penderita harus memiliki pengetahuan tentang gejala - gejala yang timbul akibat suatu penyakit, pengetahuan ini dapat diperoleh dari buku-buku atau situs di Internet. Namun untuk mempelajarinya perlu waktu yang lama dan tidak mudah. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang lebih praktis dan memiliki kemampuan layaknya seorang dokter dalam mendiagnosis gejala yang timbul. Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar. Pengetahuan dan kemampuan seorang dokter dapat dialihkan ke dalam sistem pakar, sehingga sistem pakar tersebut memiliki keahlian menyerupai seorang dokter dalam melakukan diagnosis. Sistem pakar yang memiliki pengetahuan seorang dokter ini, dapat membantu mereka untuk mengetahui penyakit yang diderita dari gejala yang timbul, serta tindakan apa yang harus dilakukan. Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Gangguan dan Penyakit Kulit pada Manusia Menggunakan Faktor Kepastian dibuat dengan menggunakan Borland Delphi 7 dan Ms. Access 2003 sebagai sarana penyimpanan database. Aturan-aturan yang terdapat dalam sistem pakar ini dapat dengan muda diperbaharui karena pakar dengan mudah memasukkan pengetahuan dengan mengisikan tabel yang terdapat dalam data file. Dari hasil pengujian test turing, sistem pakar ini memiliki tingkat akurasi sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/523/050903332
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Dec 2009 14:53
Last Modified: 19 Oct 2021 21:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140123
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item