Sistem Pencegahan Flooding Data dan Blocking IP secara Otomatis pada Jaringan Komputer.

DevyRizka (2009) Sistem Pencegahan Flooding Data dan Blocking IP secara Otomatis pada Jaringan Komputer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi pada dunia internet, fungsi dari internet pun berkembang dimana internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi tak hanya keuntungan yang didapat dari berkembangnya penggunaan internet, tapi juga ada beberapa kelemahan, khususnya dalam faktor keamanan. Salah satu yang mengancam faktor keamanan tersebut adalah flooding data pada jaringan. Dalam hal itu, maka diperlukan berbagai macam teknik-teknik pencegahan serangan pada jaringan, dalam kaitannya dengan faktor keamanan jaringan. Salah satunya adalah dengan sistem pencegahan flooding data, dengan menggunakan software Snort yang berbasis Host-based IDS, dan sistem blocking IP secara otomatis, dengan firewall IPTables. Sistem bekerja dengan membangun sebuah engine yang membaca parameter penyerangan dengan flooding dari IP penyerang, kemudian sistem memberikan alert yang kemudian akan memerintahkan IPTables firewall untuk melakukan blocking akses pada IP penyerang tersebut. Pengujian terhadap perancangan dan implementasi sistem pencegahan flooding data ini dilakukan sampai pada titik dimana sistem aman terhadap ancaman adanya flooding data yang dapat menyebabkan sistem hang. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian dengan metode ping flood. Pengujian ini memperlihatkan hasil status time out pada komputer penyerang. Hal ini menunjukkan sistem pencegahan flooding data pada jaringan telah dapat menghentikan serangan dan melakukan blocking IP secara otomatis terhadap computer penyerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/508/050903271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Dec 2009 10:03
Last Modified: 19 Oct 2021 21:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140106
[thumbnail of dari_BAB_I_-_BAB_VII.pdf]
Preview
Text
dari_BAB_I_-_BAB_VII.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item