Pengaruh Variasi Frekuensi Gelombang Ultrasonik Terhadap Karakteristik Microexplosion Pada Pembakaran Droplet Minyak Kelapa.

RudikIstanto (2009) Pengaruh Variasi Frekuensi Gelombang Ultrasonik Terhadap Karakteristik Microexplosion Pada Pembakaran Droplet Minyak Kelapa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini sumber energi telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting peranannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Sumber energi yang banyak dimanfaatkan adalah jenis bahan bakar terutama yang berasal dari fosil seperti : minyak bumi, batu bara, serta gas alam. Sumber energi yang berasal dari fosil sangat terbatas keberadaannya dan termasuk jenis sumber energi yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) . Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha diversifikasi sumber energi lain yang mempunyai propertis mendekati minyak bumi dan bersifat renewable . Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Akan tetapi bahan bakar dari minyak kelapa ini masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah memiliki rantai ikatan yang panjang sehingga menyulitkan dalam proses pembakarannya. Atas dasar kekurangan tersebut maka dilakukan penelitian dengan memberikan frekuensi gelombang ultrasonik pada minyak kelapa sebelum mengalami proses pembakaran. Dengan pemberian frekuensi gelomban ultrasonik ini maka diharapkan akan mengakibatkan atom-atom mengalami polarisasi sehingga atom-atom yang dikandung mengalami getaran dan gesekan sehingga dapat melemahkan bahkan memutuskan ikatan antar atom yang nantinya akan mempengaruhi karakteristik pembakarannya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi variasi gelombang ultrasonik terhadap karakteristik microexplosion pada pembakaran droplet minyak kelapa. Pada penelitian ini digunakan frekuensi gelombang ultrasonik sebesar 60 KHz, 100 KHz, 140 KHz, 160 KHz, 180 KHz, dan 220 KHz. Ukuran droplet minyak kelapa yang digunakan sebesar 1,742 mm. Dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pemberian freekuensi gelombang ultrasonik berpengaruh pada karakteristik pembakaran seperti Ignition delay time, burning rate dan temperatur pembakaran ( temperature ignition ) meskipun pengaruh yang diberikan tampak tidak begitu signifikan. Selain itu dengan memberikan pengaruh frekuensi gelombang ultrasonik juga akan menyebabkan fatty acid mampu menyusup ke dalam gliserol untuk memicu terjadinya microexplosion . Akibatnya persentase terjadinya microexplosion meningkat sehingga akan mempengaruhi tinggi dan lebar api pembakaran, visualisasi nyala api pembakaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/492/050903200
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Oct 2009 10:48
Last Modified: 19 Oct 2021 20:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140088
[thumbnail of 050903200.pdf]
Preview
Text
050903200.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item