Pendekatan Sistem Inventory Probabilistik Untuk Menentukan Tingkat Persediaan Spare Parts (Studi Kasus Pada PT. Unilever Indonesia Tbk.)

AnesWedaringN (2009) Pendekatan Sistem Inventory Probabilistik Untuk Menentukan Tingkat Persediaan Spare Parts (Studi Kasus Pada PT. Unilever Indonesia Tbk.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada PT Unilever Indonesia Tbk. masih sering kali dijumpai masalah breakdown pada mesin-mesin produksi dan packaging yang menyebabkan terganggunya proses produksi. Salah satu jenis penyebab breakdown yang terjadi di PT Unilever Indonesia adalah disebabkan oleh ketidaktersediaan spare parts saat dibutuhkan, yang menyebabkan maintenance tidak dapat dilakukan. Hal ini tentu saja menyebabkan kerugian yang tidak sedikit terhadap PT Unilever Indonesia. Salah satu alasan terjadinya kekurangan spare parts adalah karena sifat permintaanya yang tidak menentu, sehingga sulit untuk dilakuan perencanaan yang baik. Dalam menanggapi permasalahan ini maka perusahaan harus dapat membuat suatu sistem inventory yang dapat mengatasi permintaan spare parts yang tidak menentu . Salah satu metode yang dapat digunakan adalah sistem inventory probabilistik. Kelebihan pada sistem inventory probabilistik adalah pada sistem ini diperhitungkan pula probabilitas dari setiap permintaan. Sehingga sistem ini sangatlah sesuai dengan keadaan permintaan yang tidak menentu dan sulit diramalkan. Diharapkan dengan sistem inventory probabilistik dapat mengurangi terjadinya kekurangan spare part sehingga dapat meminimumkan biaya yang harus dikeluarkan. Dari hasil analisa yang dilakukan didapat bahwa dengan menggunakan sistem inventory probabilistik , kemungkinan terjadinya kekurangan spare parts hanya berkisar antara 0,00023 sampai 0,00456. Selain itu dengan menggunakan sistem inventory probabilistik dapat dilakukan penghematan biaya persediaan rata-rata 3,58% setiap spare parts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/467/050903116
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2009 11:40
Last Modified: 19 Oct 2021 20:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140061
[thumbnail of 050903116.pdf]
Preview
Text
050903116.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item