Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Katalog Perpustakaan Berbasis J2ME.

MuhammadRizaFahruddin (2009) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Katalog Perpustakaan Berbasis J2ME. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya peranan perpustakaan bagi sistem pendidikan mendorong berkembangnya teknologi informasi di bidang perangkat lunak. Kumpulan bahan pustaka di dalam perpustakaan yang berjumlah ratusan bahkan ribuan menyebabkan pengguna mengalami kesulitan sehingga diperlukan suatu perangkat lunak untuk membantu proses pencarian katalog perpustakaan. Perangkat lunak dikembangkan dengan teknologi Java2 Micro Edition (J2ME), PHP, dan MySQL. J2ME digunakan untuk menangani tampilan atau antarmuka user dan melakukan koneksi ke Web Server untuk mengirim dan menerima data dari basis data. PHP digunakan untuk melakukan komunikasi dengan basis data. MySQL digunakan untuk menyimpan data yang berhubungan dengan bahan pustaka di Ruang Baca Teknik Elektro. Pada skripsi ini memfokuskan pada pengembangan antarmuka user dan komunikasi ke basis data. Basis data yang digunakan mengadopsi basis data Ruang Baca Teknik Elektro yang sudah ada. Pengembangan antarmuka user di sisi client menggunakan pustaka standar yang tersedia dalam J2ME CLDC 1.0 dan MIDP 2.0. Format data server yang digunakan adalah format data sederhana ( plain text ) sehingga dapat mempercepat transfer data dari server ke client . Data di simpan dalam sebuah String dan dipisahkan dengan karakter delimiter “|”. Aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan memberikan kemudahan pada penggunanya dalam mencari bahan pustaka sesuai dengan keinginan pengguna dan menampilkan informasi bahan pustaka secara lebih detail. Perangkat lunak ini dapat digunakan oleh pengguna melalui mobile phone yang terkoneksi dengan GPRS kapanpun dan dimanapun mereka berada serta pengguna tidak tergantung pada sebuah komputer yang terkoneksi dengan internet atau intranet. Perangkat lunak diuji dengan menggunakan pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi, pengujian waktu akses query, dan pengujian performansi web server . Hasil pengujian waktu akses query menunjukkan waktu rata-rata terlama yang dibutuhkan adalah 0.2389 ms dengan jumlah data 1600. Linieritas kecepatan waktu akses query antar data entry mendekati 0.02 ms. Hasil pengujian performansi web server menunjukkan kinerja Apache HTTP menangani 100 sampai dengan 2000 koneksi yang dilakukan oleh client secara bersamaan. Web Server Apache HTTP mampu menangani 1000 request dengan 1000 koneksi secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/449/050903041
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Nov 2009 11:46
Last Modified: 19 Oct 2021 20:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140041
[thumbnail of 050903041.pdf]
Preview
Text
050903041.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item