Utama, Aria Perkasa (2018) Efektifitas Pasal 14 Pojk No. 1/Pojk.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan Terkait Penerapan Market Conduct Pada Jasa Keuangan Perbankan (Studi Di Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Wilayah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga negara yang mempunyai fungsi regulasi (pengaturan) dan supervisi (pengawasan) terhadap seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Sektor jasa keuangan tersebut meliputi, jasa keuangan di sektor perbankan, kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal dan kegiatan jasa keuangan di sektor perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan dan lembaga jasa keuangan lainnya. Berdasarkan Pasal 4 UndangUndang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK disebutkan bahwa salah satu tugas OJK adalah memberikan perlindungan kepada Konsumen dan/ atau masyarakat. Dalam rangka memberikan perlindungan Konsumen, OJK telah menerbitkan Peraturan OJK (POJK) No. 01/POJK.07/2013 tanggal 26 Juli 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. POJK dimaksud menerapkan prinsip keseimbangan, yaitu antara menumbuh kembangkan sektor jasa keuangan secara berkesinambungan dan secara bersamaan memberikan perlindungan kepada Konsumen dan/atau masyarakat sebagai pengguna jasa keuangan. POJK tersebut mengandung 3 aspek utama yaitu: (i) peningkatan transparansi dan pengungkapan manfaat, risiko serta biaya atas produk dan/atau layanan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK); (ii) tanggung jawab PUJK untuk melakukan penilaian kesesuaian produk dan/atau layanan dengan risiko yang dihadapi oleh konsumen keuangan; (iii) prosedur yang lebih sederhana dan kemudahan konsumen keuangan untuk menyampaikan pengaduan dan penyelesaian sengketa atas produk dan/ atau layanan PUJK. Dalam penelitian ini, penulis memilih metode penelitian empiris dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang dilakukan di masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan masalah, identifikasi masalah dan yang terakhir adalah penyelesaian masalah
English Abstract
The Financial Services Authority is a state institution with regulatory and supervisory functions for all activities within the financial services sector. The financial services sector includes financial services in the banking sector, financial services activities in the capital market sector and financial services activities in the insurance sector, pension funds, financial institutions and other financial services institutions. Based on Article 4 of Law Number 21 Year 2011 regarding OJK, it is mentioned that one of OJK's duties is to provide protection to consumers and / or the community. In order to provide Consumer protection, OJK has issued OJK Regulation (POJK) no. 01 / POJK.07 / 2013 dated 26 July 2013 on Consumer Protection in the Financial Services Sector. The POJK applies the principle of equilibrium, which is between developing the financial services sector continuously and simultaneously providing protection to the Consumer and / or the community as the users of financial services. The POJK contains three main aspects: (i) enhancing transparency and disclosure of benefits, risks and costs to products and / or services of Financial Services Businessmen (PUJK); (ii) PUJK's responsibility to conduct conformity assessment of products and / or services with risks faced by financial consumers; (iii) simpler procedures and convenience of financial consumers to submit complaints and dispute settlements of PUJK products and / or services. In this study, the authors chose the method of empirical research using sociological juridical approaches conducted in the community with the intent and purpose to find the facts, then continued with problems, problem identification and the last is the problem solving
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2018/342/051809257 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Jasa Keuangan, Perbankan, Market Condutct-Consumer Protection, Financial Services, Banking, Market Condutct |
Subjects: | 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.07 Regulation of economic activity > 343.071 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 01:28 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13999 |
Preview |
Text
Aria Perkasa Utama.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |