Pemanfaatan Limbah Beton Dalam Pembuatan Pelat Komposit Lapis Anyaman Rotan Terhadap Uji Lentur Dengan Variasi Campuran Agregat-Semen.

KemasAdityaPutra (2009) Pemanfaatan Limbah Beton Dalam Pembuatan Pelat Komposit Lapis Anyaman Rotan Terhadap Uji Lentur Dengan Variasi Campuran Agregat-Semen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelat dalam pengunaannya sebagai elemen pada struktur, umumnya diperkuat dengan tulangan untuk membantu kelemahannya dalam menahan gaya yang terjadi. Tetapi pada masa sekarang, tulangan yang dijual di pasaran relatif mahal. Oleh karena itu, perlu adanya bahan pengganti tulangan yang lebih murah dan efisien seperti rotan. Penggunaan komposit anyaman rotan sebagai pelat dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah. Rotan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di Indonesia sehingga harganya relatif murah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan beban retak dan lendutan dari pelat bujursangkar yang berukuran 80 x 50 dengan variasi campuran agregat-semen dengan perbandingan 1:4 dan 1:6. Masing-masing lima benda uji. Di tumpu di dua sisi. Pelat ini mendapatkan perilaku yang sama dalam pembebanan yaitu dengan memberikan beban terpusat di atasnya. Rotan pada penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai tulangan pada saat pelat mengalami lendutan. Secara eksperimental, anyaman rotan kurang dapat mengurangi lendutan pada pelat komposit dikarenakan sifatnya yang elastis sehingga tidak dapat mengurangi lendutan yang terjadi akibat beban yang bekerja pada pelat. Pola garis leleh yang terbentuk pada pelat komposit berupa garis lurus ditengah. Dari hasil perhitungan pendekatan lendutan dan beban retak analisis untuk tumpuan pelat sendi, lendutan yang dialami pelat tidak sebesar lendutan aktual yang terjadi pada penelitian dan beban retak yang terjadi belum mencapai perhitungan analisis. Hal ini dikarenakan rumus yang dipakai adalah rumus pendekatan karena belum adanya rumus untuk beton yang menggunakan limbah beton tanpa agregat halus. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada pengujian pelat lapis anyaman rotan dengan variasi campuran 1:4 dan 1:6 menunjukkan tidak adanya pengaruh yang nyata terhadap beban retak pelat . Hal ini dibuktikan dengan analisa satistik dan memberikan kesimpulan bahwa variasi campuran tidak berpengaruh terhadap beban retak yang terjadi pada pelat. Sedangkan pada analisa statistik yang dilakukan pada lendutan pelat dengan variasi campuran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata terhadap lendutan yang terjadi pada pelat komposit anyaman rotan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/392/050902786
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2009 10:25
Last Modified: 22 Oct 2009 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139981
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item