CecyliaRosmalaSari (2009) Analisis Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Performance Prism. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengukuran kinerja merupakan salah satu alat penting bagi setiap perusahaan atau organisasi. Pengukuran kinerja digunakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan organisasi dalam upaya mencapai tujuan – tujuan yang ditetapkan di masa yang akan datang dan sebagai alat untuk menilai keberhasilan perusahaan atau organisasi tersebut. Pengukuran kinerja tingkat korporasi merupakan tolak ukur penting yang dapat menunjukkan bagaimana performansi perusahaan secara keseluruhan. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran kinerja tingkat korporasi perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui nilai performansi perusahaan secara keseluruhan. Penelitian ini dilakukan di PT. Petrokimia Gresik. Metode yang digunakan adalah Performance Prism. Performance Prism dapat memberikan pengukuran yang komprehensif dan sudut pandang yang luas, sehingga memberikan gambaran yang realistis mengenai penentu kesuksesan bisnis. Dengan demikian, pengukuran kinerja dapat memberikan gambaran yang nyata tentang kondisi perusahaan yang sebenarnya. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini juga didukung oleh beberapa metode antara lain pembobotan dengan Analytic Hierachy Process (AHP) untuk mengetahui skala nilai prioritas setiap KPI, Scoring System dengan metode Objectives Matrix (OMAX) dan Traffic Light System untuk mengetahui nilai indeks total perusahaan pada tingat korporasi dan kategori dari indeks tersebut. Hasil dari pengukuran kinerja tingkat korporasi dari penelitian ini adalah nilai indeks total sebesar 8,313 yang masuk dalam kategori hijau, sehingga dapat dinyatakan telah memenuhi performa yang diharapkan. Dari pembobotan yang dilakukan didapatkan 66 KPI dengan perincian 14 KPI dari stakeholder investor, 15 KPI dari stakeholder customer, 12 KPI dari stakeholder employee, 12 KPI dari stakeholder supplier, dan 13 KPI dari stakeholder regulator. Dari 66 KPI yang ada, 57 KPI masuk dalam kategori hijau sedangkan 9 KPI masuk dalam kategori kuning yang masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. Dalam penelitian ini juga diberikan rekomendasi perbaikan pada perusahaan sebagai upaya untuk memperbaiki KPI-KPI yang masih berada dalam kategori kuning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2009/344/050902537 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Oct 2009 11:11 |
Last Modified: | 21 Oct 2009 11:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139931 |
Actions (login required)
View Item |