Sistem Informasi Persediaan Barang dan Pembelian Berbasis Web.

MughaffirYunus (2009) Sistem Informasi Persediaan Barang dan Pembelian Berbasis Web. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem persediaan barang dan pembelian yang ada saat ini pada umumnya masih bersifat sangat manual. Sistem tersebut meliputi pemrosesan transaksi pembelian dan pengeluaran barang dari gudang, perhitungan harga pokok penjualan dan transaksitransaksi lain seperti pencatatan kartu stok dan pembuatan surat pemesanan barang. Hal ini bisa menghambat kinerja perusahaan karena sering terjadi kesalahan pencatatan dan perhitungan harga tidak bisa dilakukan dengan cepat sehingga dibutuhkan sistem transaksi yang terkomputerisasi untuk lebih mengoptimalkan sistem yang ada di dalam perusahaan Sistem Informasi Persediaan Barang dan Pembelian Berbasis Web ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dalam perancangannya aplikasi ini menggunakan metode perancangan berorientasi objek dengan pemodelan UML dan dikembangkan dengan menggunakan framework CodeIgniter. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam proses pencatatan transaksi pembelian dan persediaan barang serta perhitungan Harga Pokok Penjualan. Pengujian terhadap perancangan dan implementasi aplikasi sistem informasi persediaan barang dan pembelian ini dilakukan untuk mengetahui kebenaran algoritma, keterpenuhan spesifikasi kebutuhan serta kemampuan server dan database dalam menangani permintaan dari pengguna . Pengujian tersebut meliputi pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian kebenaran jalannya program (validasi), pengujian performnasi server , dan pengujian performansi database . Pengujian unit dan pengujian integrasi menunjukkan bahwa algoritma yang diterapkan pada aplikasi dapat berjalan dengan benar. Pengujian kebenaran jalannya program (validasi) menunjukkan bahwa Aplikasi sistem informasi telah memenuhi spesifikasi kubutuhan. Pengujian performansi server dan database menunjukkan bahwa aplikasi dapat melayani permintaan dari pengguna dan dari hasil benchmark diketahui bahwa server dapat melayani sampai 1000 permintaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/320/050902378
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2009 12:16
Last Modified: 18 Nov 2009 12:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139907
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item