Perancangan dan Pembuatan Software Untuk Menjaga Kestabilan Outflow Turbin PLTA Selorejo Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Logic.

HashemiRafsanjani (2009) Perancangan dan Pembuatan Software Untuk Menjaga Kestabilan Outflow Turbin PLTA Selorejo Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Logic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PLTA PLTA yang secara kaskade menggunakan sebagian air yang sama dari hulu sampai kehilir. PLTA Selorejo, Mendalan dan Siman merupakan PLTA PLTA yang airnya berasal dari kali yang sama yaitu Kali Konto dan Kwayangan yang ditampung pada Waduk Selorejo, dan karena terbatasnya kapasitas Waduk Selorejo untuk menampung air pada waktu musim hujan dan kapasitas terowongan Pait yang menghubungkan PLTA Selorejo dengan PLTA Mendalan, maka air yang seharusnya memliki nilai ekonomis untuk dapat dimanfaatkan untuk pembangkitan, akhirnya terbuang karena adanya kendala tersebut. Oleh sebab itu perusahaan mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara mengontrol outflow yang berpanduan pada data histories , namun cara tersebut nampaknya belum cukup. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diterapkan Fuzzy Logic sebagai salah satu metode untuk mengoptimasi Daya PLTA Selorejo guna mendapatkan suatu pola operasi Waduk yang optimal. Proses optimasi dilakukan untuk menjaga kestabilan outflow turbin PLTA, sehingga didapatkan energi yang lebih besar yang dapat dibangkitkan pada PLTA Selorejo. Dan proses perhitungan optimasi dilakukan dengan bantuan komputer dengan pemrograman Borland Delphi 7. dari hasilnya dapat dilihat pada tahun 2005 total energi sebesar 424,765.25 KWh., sedangkan hasil optimasi dengan metode fuzzy logic , dengan total energi yang dihasilkan 498,081.03 KWh. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan metode fuzzy logic dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/300/050902231
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2009 14:51
Last Modified: 31 Aug 2009 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139886
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item