HeruImamShomadi (2009) Perencanaan Pemeliharaan Lokomotif Jenis CC201 dan CC203 Dengan Metode Markov Chain Untuk Mereduksi Biaya Down Time. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lokomotif yang berkondisi baik akan dapat beroperasi dengan optimal serta dapat mengurangi terjadinya keterlambatan dalam kedatangan dan keberangkatan kereta api. Dalam usaha menjaga tingkat kesiapan lokomotif agar dapat digunakan terusmenerus serta kontinuitas pelayanan jasa dapat terjamin maka dibutuhkan kegiatan pemeliharaan yang tepat guna mengurangi dampak terjadinya kerusakan ringan, sedang, dan berat. Tujuan diketahuinya probabilitas kondisi lokomotif adalah agar dapat dilakukan perencanaan pemeliharaan yang lebih baik berdasarkan data masa lalu sehingga dapat menurunkan biaya down time akibat pemeliharaan. Faktor perilaku kondisi lokomotif tersebut diperoleh melalui pendekatan metode Markov Chain yang menghasilkan 3 macam kebijakan pemeliharaan usulan yang baru dari kebijakan yang telah diterapkan oleh perusahaan, yaitu pemeliharaan korektif pada kondisi kerusakan berat serta pemeliharaan pencegahan pada kondisi kerusakan ringan dan sedang (P 1 ), pemeliharaan korektif pada kondisi kerusakan sedang dan berat serta pemeliharaan pencegahan pada kondisi kerusakan ringan (P 2 ), pemeliharaan korektif pada kondisi kerusakan berat serta pemeliharaan pencegahan pada kondisi kerusakan sedang (P 3 ). Hasil analisa rantai Markov dan rata-rata ekspektasi biaya down time selama 6 bulan akibat pemeliharaan adalah : untuk lokomotif CC201 penghematan yang diperoleh dari pemeliharaan usulan P 1 sebesar 19,2 %, dari pemeliharaan usulan P 2 sebesar 4 %, dari pemeliharaan usulan P 3 sebesar 37,1 %. Sedangkan untuk lokomotif CC 203 penghematan yang diperoleh dari pemeliharaan usulan P 1 sebesar 9,6 %, dari pemeliharaan usulan P 2 sebesar 2 %, dari pemeliharaan usulan P 3 sebesar 23,5 %. Setelah mengetahui probabilitas kondisi lokomotif tersebut diharapkan perlunya adanya pembenahan rencana pemeliharaan untuk menurunkan biaya down time dan terutama meningkatkan pelayanan kereta api baik dalam ketepatan waktu perjalanan, keamanan dan kenyamanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2009/295/050902166 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 27 Aug 2009 09:45 |
Last Modified: | 27 Aug 2009 09:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139882 |
Actions (login required)
View Item |