Pengendalian Pesrsediaan Bahan Baku Produk Pipa Baja Untuk Mereduksi Biaya Persediaan Dengan Menggunakan Metode P (Fixed Order Period) Dan Q ( Fixed Order Quantity) Studi Kasus di PT.Steel Pipe Indust

TatarAgungTriWicaksono (2009) Pengendalian Pesrsediaan Bahan Baku Produk Pipa Baja Untuk Mereduksi Biaya Persediaan Dengan Menggunakan Metode P (Fixed Order Period) Dan Q ( Fixed Order Quantity) Studi Kasus di PT.Steel Pipe Indust. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kekurangan dan keterlambatan persediaan bahan baku di perusahaan akan mengakibatkan terhambatnya proses produksi, akibat dari kelebihan dan kekurangan bahan baku menimbulkan pemikiran bagaimana cara menentukan persediaan bahan baku yang tepat dengan biaya seminimal mungkin. PT. Steel Pipe Industry of Indonesia (SPINDO) Pasuruan adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa baja yang bisa diaplikasikan untuk Mechanical installation, construction, gas pipe line,steel pile, industry dan ornamental . Selama ini dalam memperoleh jumlah pemesanan bahan baku pada PT. Spindo Indonesia hanya berdasarkan rata-rata produksi tahun sebelumnya, tanpa adanya suatu metode perhitungan yang tepat sehingga seringkali perusahaan mengalami kesulitan dalam proses pemesanan bahan baku. Dalam penelitian diterapkan metode perencanaan dan pengendalian bahan baku, yaitu dengan metode Q ( Fixed Order Quantity ) dan metode P ( Fixed Order Period ) yang mempunyai tujuan untuk memadukan data dan informasi yang diperlukan untuk menghasilkan biaya persediaan keseluruhan yang minimum sehingga masalah yang berhubungan dengan proses produksi khususnya tentang persediaan bahan baku dapat dihindari atau dapat ditekan sekecil mungkin. Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa dari produk A, B dan C mempunyai biaya persediaan yang lebih rendah apabila perusahaan tersebut menggunakan metode Q daripada menggunakan metode P dalam melakukan pengendalian persediaan bahan baku. Pada metode Q dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp. 345.688.480- atau 0,4 % dari biaya persediaan sebelumnya, sedangkan menggunakan metode P perusahaan hanya akan menghemat biaya persediaan sebesar Rp.203.612.506,- atau 0,21 % dari biaya persediaan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/284/050902074
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2009 17:22
Last Modified: 14 Aug 2009 17:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139871
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item