Metode Analisis Cepstrum Sebagai Ekstraksi Ciri Sinyal Suara Manusia.

Anissatussa`diyah (2009) Metode Analisis Cepstrum Sebagai Ekstraksi Ciri Sinyal Suara Manusia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suara merupakan salah satu media komunikasi utama manusia yang paling cepat dan tepat dalam menyampaikan suatu informasi. Namun banyak persoalan yang muncul ketika suara dimanfaatkan dalam sebuah sistem karena setiap manusia mempunyai ciri suara yang berbeda. Pada skripsi ini, sinyal suara dimanfaatkan untuk mengakses Koleksi Ruang Baca Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Sinyal suara diolah untuk didapatkan ekstraksi cirinya dengan metode analisis cepstrum dan kemudian dikenali dengan metode DTW (Dynamic Time Warping). Sistem yang dirancang terdiri dari 2 tahap, yaitu Tahap Fase Enrollment (pembelajaran) yang terdiri dari beberapa proses yaitu (Perekaman dan Front-End Detection ), Sampling, Frame Blocking, windowing , FFT (Fast Fourier Transform), magnitude FFT, IFFT , liftering , dan cepstrum . Tahap Fase Testing (Pengujian) yang berupa proses pengenalan suara dengan metode DTW (Dynamic Time Warping). Pada proses pengenalan suara, cepstrum sinyal masukan dibandingkan dengan cepstrum sinyal standar. Perangkat keras yang digunakan adalah PC (Personal Computer), sound card, mikropon dan speaker, sedangkan perangkat lunak yang digunakan adalah Tcl/Tk, snack dan bahasa C++. Kata yang diuji adalah kata “Power”, “Elka”, “Telkom”, “Kontrol” dan “TI”. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, jika sinyal masukan diucapkan oleh Penutur standar maka tingkat keberhasilan untuk mengakses sistem adalah 78.4% dari 10 penutur standar laki-laki dan perempuan dengan 5 kali pengujian untuk tiap kata, sedangkan jika sinyal masukan diucapkan oleh penutur lain maka tingkat keberhasilan untuk mengakses sistem adalah 66.8% dari 5 penutur bukan standar laki-laki dan perempuan dengan10 kali Pengujian untuk tiap kata. Tingkat keberhasilan sistem pengenalan suara dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu kondisi kesehatan penutur, pola suara yang diucapkan oleh penutur, tipe hardware yang digunakan dan keadaan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/277/050902053
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2009 10:52
Last Modified: 30 Jul 2009 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139864
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item