Perencanaan Sel CDMA 2000-1x di Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo Sumatera Utara.

NurRahmaulina (2009) Perencanaan Sel CDMA 2000-1x di Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo Sumatera Utara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan yang vital bagi masyarakat saat ini terutama untuk melakukan pertukaran informasi dan data ke tempat yang jauh. Dengan adanya telepon seluler memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi tanpa terikat tempat dan waktu. Adanya peningkatan akan kebutuhan layanan seluler membuat pihak operator memperluas jangkauan jaringan selulernya. Pemerintah juga berharap adanya penyebaran jaringan telekomunikasi tidak hanya pada wilayah perkotaan yang memiliki jumlah pengguna yang banyak namun juga menjangkau wilayah kecamatan dan desa agar terjadi pemerataan telekomunikasi. Hadirnya jaringan CDMA 200-1x memberi keuntungan bagi masyarakat. Dengan kecepatan datanya yang mencapai 144 Kbps, CDMA 2000-1x memberikan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanannya. Selain itu tarifnya yang murah membuat pelangan CDMA 2000-1x meningkat. Skripsi ini bertujuan untuk merencanakan sel CDMA 2000-1x di Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo Sumatera Utara sebagai salah satu pilihan jaringan seluler. Perencanaan ini menggunakan dua pendekatan yaitu berdasarkan kebutuhan trafik dengan cara meramalkan kebutuhan trafik masyarakat lima tahun ke depan. Metode kedua yaitu berdasarkan pertimbangan cakupan. Pada metode ini pendimensian sel dilakukan dengan mempertimbangkan link budget dan kondisi geografis Kecamaatan Tiga Binanga. Dari perencanaan ini didapatkan calon jumlah pelanggan jaringan CDMA 2000-1x adalah 4433 orang. Sedangakan total trafik yang dibutuhkan untuk melayani kebutuhan suara dan data di Kecamatan Tiga Binanga adalah 189,96 erlang untuk layanan suara dan 781,35615 Kbps unuk layanan data. Karena adanya perbedaan data rate untuk layanan suara dan data maka kapasitas sel pada saat melayani trafik suara adalah 63,9 dan pada saat melayani trafik data kapasitasnya adalah 288 Kbps Pada pendimensian sel berdasarkan kebutuhan kapasitas, jumlah sel yang dibutuhkan adalah 3 sel dengan luas masing-masing sel 53,46 Km 2 dan jari-jari 4,54 Km dan pada pendimensian sel berdasarkan pertimbangan cakupan , jumlah sel yang dibutuhkan adalah 1 sel dengan luas sel 1467 Km 2 dan jari-jari 23,8 Km. BTS yang telah direncanakan akan diletakkan di wilayah yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Dengan mempertimbangkan kondisi geografis Kecamatan Tiga Binanga yang termasuk daerah rural atau pedesaan maka pendekatan yang digunakan dalam perencanaan ini adalah berdasarkan pertimbangan cakupan. Sehingga jumlah BTS yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan jaringan CDMA adalah 1 BTS dengan ketinggian 30 meter yang diletakkan pada desa Tiga Binanga yang merupakan pusat administratif dan memiliki jumlah penduduk terbanyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/269/050902045
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2009 10:45
Last Modified: 05 Aug 2009 10:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139855
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item