Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Belajar Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Muhammad, Adji Reno (2018) Pengembangan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Belajar Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengenalan dan penguasaan huruf hijaiyah sejak dini sangatlah penting, karena huruf hijaiyah merupakan dasar untuk membaca dan mempelajari kitab suci Al- Qur’an. Namun dalam pengucapannya, banyak orang yang masih salah dalam mengucapkan beberapa huruf hijaiyah yang kemungkinan disebabkan oleh bahasa ibu dan faktor kebiasaan. Umumnya huruf hijaiyah dikenalkan kepada anak saat mereka memasuki taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Dalam proses belajar, terkadang ada anak yang memiliki sifat pemalu yang disebabkan oleh kurang beraninya anak ketika berbicara dengan guru atau orang dewasa lain, tidak dapat menatap mata orang lain ketika berbicara, anak tidak banyak bicara, atau anak kurang terbuka. Ditambah lagi ada beberapa anak yang cenderung belajar menggunakan visual, sementara yang lain cenderung menggunakan audio ataupun kinestetik. Dari permasalahan tersebut, dikembangkanlah aplikasi mobile augmented reality berbasis Android sebagai media belajar pengenalan dasar huruf hijaiyah, yang memiliki fitur untuk menampilkan varian huruf hijaiyah, animasi penulisan huruf hijaiyah, suara pengucapan huruf hijaiyah, dan transliterasi dari huruf hijaiyah. Aplikasi ini dikembangan dengan metode waterfall. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian validasi, pengujian kondisi optimal marker berdasarkan besar dan jarak, serta pengujian aplikasi. Pengujian validasi memberikan hasil bahwa sistem valid. Pengujian kondisi optimal marker memberikan hasil bahwa kondisi optimal marker ukuran 2,5x2,5cm adalah 4-8cm, ukuran 5x5cm adalah 8-17cm, ukuran 7,5x7,5cm adalah 12-26cm, ukuran 10x10 adalah 16-34cm, dan ukuran 12,5x12,5cm adalah 19-42cm. Pengujian aplikasi memberikan hasil bahwa dengan menggunakan aplikasi dapat meningkatan nilai siswa sebesar 11,19%.

English Abstract

The introduction and mastery of hijaiyah letters from an early age is very important, because the hijaiyah is the basis for reading and studying the holy book Al-Qur'an. But in pronunciation, many people are still wrong in pronouncing some letters hijaiyah which may be caused by the mother language and habitual factors. Generally, hijaiyah letters are introduced to children as they enter kindergarten or primary school. In the learning process, sometimes there are children who have a shy nature caused by lack of bravery of children when talking to teachers or other adults, not being able to look into other people's eyes when talking, the child does not talk much, or the child is less open. Plus there are some children who tend to learn to use visual, while others tend to use audio or kinesthetic. From these problems, Android-based augmented reality mobile application developed as a learning media introduction of basic hijaiyah letters, which features to display the variants of hijaiyah letters, writing animation of letters hijaiyah, hijaiyah letter pronunciation, and transliteration of hijaiyah letters. This application is developed by waterfall method. The test is validation testing, optimum condition of marker based on size and distance, and application testing. Validation testing gives results that the system is valid. Testing the optimal marker conditions gives the results that the optimal condition of the marker size 2,5x2,5cm is 4-8cm, the size of 5x5cm is 8-17cm, the size of 7,5x7,5cm is 12-26cm, the size of 10x10 is 16-34cm, and the size is 12,5x12,5cm is 19-42cm. Application testing gives results that by using the application can improve student scores by 11.19%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/810/051809560
Uncontrolled Keywords: mobile, aplikasi, augmented reality, media pembelajaran, huruf hijaiyah mobile, application, augmented reality, learning media, hijaiyah letters.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:26
Last Modified: 22 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13983
[thumbnail of Adji Reno Muhammad.pdf]
Preview
Text
Adji Reno Muhammad.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item