Keterkaitan Tata Letak Perangkat Bermain di Ruang Kelas Kelompok Bermain terhadap Perilaku Bermain Anak.

ApsariSatyawadaningtyas (2009) Keterkaitan Tata Letak Perangkat Bermain di Ruang Kelas Kelompok Bermain terhadap Perilaku Bermain Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok bermain merupakan salah satu lingkungan sekolah yang dapat mewadahi aktifitas anak usia pra sekolah, di samping lingkungan keluarga. Bagi kelompok bermain, ruang kelas merupakan sarana yang sangat diperlukan terutama dalam menunjang perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak. Kegiatan belajar sambil bermain dilakukan di dalam kelas dengan kondisi fisik yang menarik dan menyenangkan, disesuaikan pula dengan perkembangan anak usia pra sekolah yang relatif dalam masa bermain. Aktivitas bermain pun seringkali muncul pada saat proses belajar yang ditandai dengan perilaku-perilaku yang berorientasi pada permainan. Keberadaan perangkat bermain di dalam kelas memiliki peran penting dalam menunjang perkembangan anak dan kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Tata letak perangkat bermain tersebut dapat saling terkait dengan perilaku bermain anak saat kegiatan belajar. Penelitian ini pada dasarnya melihat, mendeskripsikan, dan memahami perilaku bermain anak di ruang kelas kelompok bermain terhadap lingkungan di seitarnya, yaitu keberadaan perangkat bermain. Fokus penelitian ialah letak perangkat bermain yang terkait dengan perilaku bermain anak pada saat kegiatan belajar di dalam kelas. Metode utama yang digunakan adalah pengamatan perilaku bermain anak didik yang dilakukan pada studi kasus, yaitu Kelompok Bermain Laboratorium UM dengan metode penulisan deskriptif kualitatif. Kondisi ruang kelas dan tata letak perangkat bermain yang berbeda pada berbagai eksperimen sebagai salah satu turut memperjelas keterkaitannya terhadap perilaku bermain anak. Pengamatan terhadap ruang kelas dan perangkat bermain difokuskan pada karakter ruang, keberadaan perabot belajar, kondisi fisik dan tata letak perangkat bermain. Pengamatan perilaku difokuskan pada pelaku, aktivitas bermain, dan pemilihan perangkat bermain. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa tata letak perangkat bermain di ruang kelas memiliki keterkaitan terhadap perilaku bermain anak. Keterkaitan tersebut terlihat jelas pada aspek tata letak perangkat bermain di ruang kelas dan di dalam zona aktivitas. Peletakan perangkat bermain di ruang kelas terkait dengan pembagian zona aktivitas, kondisi pembatas ruang, dan tata letak perabot belajar. Peletakan perangkat bermain di dalam zona aktivitas terkait dengan jenis permainan, karakter fisik mainan, arah hadap, serta tata letaknya terhadap zona aktivitas untuk kegiatan pembelajaran. Tata letak perangkat bermain di dalam kelas terkait dengan ketahanan konsentrasi anak selama tahap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/172/050901363
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 May 2009 12:01
Last Modified: 05 May 2009 12:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139747
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item