Pengaruh Pemasangan Convergent Grid pada Intake Manifold terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas.

MatthewMusa (2009) Pengaruh Pemasangan Convergent Grid pada Intake Manifold terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biogas merupakan salah satu energi alternatif yang mampu menggantikan peran dari bahan bakar minyak untuk mengatasi krisis energi dan polusi udara. Akan tetapi biogas sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dari bahan bakar minyak, dalam hal ini bensin, sehingga perlu dilakukan beberapa modifikasi terhadap motor. Setelah biogas dapat digunakan, diperlukan suatu teknologi agar pembakaran berlangsung lebih sempurna. Salah satu caranya adalah dengan pemasangan convergent grid pada intake manifold yang bertujuan untuk membuat aliran campuran bahan bakar dan udara menjadi turbulen sehingga proses pembakaran di dalam silinder menjadi sempurna. Dengan demikian kinerja mesin menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemasangan convergent grid pada intake manifold terhadap kinerja motor bensin empat langkah berbahan bakar biogas yang meliputi torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif, efisiensi termal efektif dan emisi gas CO. Pengaruh tersebut dilihat berdasarkan putaran mesin dari 3000-4000 rpm dengan kenaikan sebesar 200 rpm. Sudut kemiringan convergent grid yang digunakan sebesar 20 0 dan dipasang pada saluran intake manifold . Saluran ini terletak di antara karburator dan ruang bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasangan convergent grid pada intake manifold motor bensin empat langkah berbahan bakar biogas dengan sudut kemiringan sebesar 20 0 , memberikan pengaruh yang cukup besar dengan meningkatnya kinerja yang dihasilkan motor tersebut dengan prosentase kenaikan torsi rata-rata sebesar 22,125 %, daya efektif sebesar 22,136 %, efisiensi termal efektif sebesar 9,472 %, serta prosentase penurunan SFCe sebesar 18,782 % dan emisi gas CO sebesar 10,754 %. Sarannya agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan variasi bukaan throttle , variasi putaran mesin (diluar 3000-4000rpm), letak pemasangan convergent grid (yaitu pada awal dan akhir saluran intake manifold ) dan penelitian lanjutan tentang sejauh mana aliran turbulensi yang terjadi setelah melewati convergent grid .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/126/050900980
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Apr 2009 10:21
Last Modified: 03 Apr 2009 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139695
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item