Pengaruh Variasi Holding Time Pemanasan Terhadap Nilai Kekerasan Produk Keramik Porselen Dengan Campuran Alumina (Al2O3)

AbdulBasid (2009) Pengaruh Variasi Holding Time Pemanasan Terhadap Nilai Kekerasan Produk Keramik Porselen Dengan Campuran Alumina (Al2O3). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keramik terbuat dari campuran bahan-bahan tanah atau batuan silika serta air dengan proses pembuatannya melalui pemanasan dengan suhu tinggi. Keramik mempunyai beberapa kelebihan sifat mekaniknya yaitu keras, tidak mudah korosi, tahan gesekan dan tahan dengan temperatur tinggi. Keramik dapat juga digunakan sebagai material pengganti logam, antara lain dapat diaplikasikan pada cutting tool , turbin engine , peralatan proses industri, pembangkit listrik dan transportasi. Dengan pemanfaatan keramik yang begitu luas, maka dibutuhkan keramik dengan kekuatan mekanik yang baik. Salah satunya dengan menambahkan bahan non plastis pada campuran bahan keramik. Bahan non plastis yang digunakan pada penelitian ini adalah Alumina dengan komposisi 25 % dari bahan utama. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksprimental nyata, yang bertujuan untuk menyelidiki kekerasan keramik. Variabel bebasnya adalah holding time pemanasan (1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam, 5 jam). Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah kekerasan. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan analisis statistik untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh holding time pemanasan terhadap nilai kekerasan produk keramik porselen dengan campuran alumina ( Al 2O3). Dari hasil pengujian didapatkan bahwa dengan meningkatkan holding time pemanasan dengan campuran bahan non plastis ( alumina) maka akan meningkatkan kekerasan. Kekerasan rata-rata tertinggi diperoleh sebesar 187,8 VHN pada holding time 5 jam . Hal ini dikarenakan daya ikat material keramik lebih kuat dan homogen yang mengakibatkan struktur material semakin padat. ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/110/050900964
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Apr 2009 11:37
Last Modified: 06 Apr 2009 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item