Kajian Model Sedimentasi Dengan Variabel Bebas dari Rumus PUKT Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) : Studi Kasus DAS Petung, Kabupaten Pasuruan.

ArifDianSulistiono (2007) Kajian Model Sedimentasi Dengan Variabel Bebas dari Rumus PUKT Pada Daerah Aliran Sungai (DAS) : Studi Kasus DAS Petung, Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

DAS merupakan satu unit hidrologi yang berperan mengalihragamkan hujan menjadi bentuk keluaran berupa aliran, sedimen, unsur hara dan lain sebagainya. Pemantauan sedimen merupakan faktor utama dalam pengelolaan suatu DAS, karena dapat memberi gambaran dan perkiraan yang nyata dan realistis terhadap gambaran kritisnya suatu DAS. Laju sedimen di suatu DAS di antaranya ditentukan oleh curah hujan dan intensitasnya, penggunaan lahan dan karakteristik hidrolik saluran. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perubahan penggunaan lahan, curah hujan, dan kemiringan lereng, yang mungkin terjadi terhadap laju sedimen yang terjadi di DAS Petung. Daerah studi adalah DAS Petung yang merupakan bagian wilayah Kabupaten Pasuruan. Analisa laju sedimen akibat erosi lahan dilakukan dengan menggunakan rumus PUKT yang dikalikan dengan faktor SDR (sediment delivery ratio). Overlay informasi peta dalam analisa sedimen hasil erosi lahan dilakukan dengan bantuan Arc View GIS 3.2 Data curah hujan, penggunaan lahan, dan gambar-gambar kemiringan lereng diambil dari tahun 1995 sampai tahun 2004, dimana dalam kurun waktu tersebut terdapat dua kali perubahan penggunaan lahan. Data sedimen pengamatan selama sepuluh tahun pengamatan digunakan sebagai akurasi model yang dihasilkan. Pengaruh perubahan penggunaan lahan, kondisi hidrologis dan kemiringan lereng terhadap laju sedimen di DAS Petung dilakukan dengan pendekatan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju sedimen rerata tahunan hasil erosi :ahan DAS Petung adalah 16.045,64 ton/tahun. Model sedimen DAS Petung yang dihasilkan adalah Y = -0,0035.R2 + 42,759.R – 376,88 dengan R2 (Koefisien determinasi) = 0,9932, serta SEY (Standard Error Y) = 108,066 Ton/Tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/88/050800617
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Mar 2008 11:22
Last Modified: 12 Mar 2008 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139648
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item