“Perekam/Pemutar Suara Digital Menggunakan Secure Digital Card (SD Card) Sebagai Media Penyimpan”

Yoppy (2008) “Perekam/Pemutar Suara Digital Menggunakan Secure Digital Card (SD Card) Sebagai Media Penyimpan”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam desain elektronika yang membutuhkan media penyimpan data berukuran kecil, seseorang cukup menggunakan EEPROM. Namun ada kalanya juga suatu desain membutuhkan media penyimpan yang berkapasitas besar. Dalam hal ini, EEPROM tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan tersebut karena sulit sekali mencari EEPROM berkapasitas 256 kbyte sekalipun. Sementara itu, ada sebuah media penyimpan berkapasitas besar yaitu Secure Digital Card (SD Card). Saat ini kapasitas SD Card mencapai 8 GB dengan harga yang relatif murah. SD Card berkomunikasi dengan devais lain menggunakan interface SPI. Dalam penelitian ini, SD Card digunakan sebagai media menyimpan data berupa suara ( voice ) dalam sistem perekam/pemutar suara digital. Alat perekam/pemutar suara digital ini dirancang dengan kemampuan menangani sistem file FAT16. Hasil rekaman disimpan dalam format file WAV. Dengan frekuensi sampling 8 kHz/8 bit, SD Card 512 MB dapat menyimpan suara hingga 18 jam. Alat ini dapat melakukan fungsi merekam, memutar, menghapus, stop , pause , lompat ke file berikutnya, dan lompat ke file sebelumnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara umum alat sudah berfungsi sesuai dengan yang diharapkan dalam perancangan. Hanya saja, pada proses perekaman masih terjadi delay selama 0,026 sekon dalam setiap interval 2,048 sekon. Sedangkan pada proses pemutaran terjadi delay 0,014 sekon dalam setiap interval 2,048 sekon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/757/050900089
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jan 2009 09:47
Last Modified: 22 Jan 2009 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139598
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item