Penerapan Kriptografi dengan Metode Data Encryption Standard (DES) untuk Sistem Keamanan Pada VoIP

WiwinStyorini (2008) Penerapan Kriptografi dengan Metode Data Encryption Standard (DES) untuk Sistem Keamanan Pada VoIP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi jaringan komputer dan internet sekarang ini melahirkan banyak sekali aplikasi-aplikasi, salah satunya adalah VoIP. Aplikasi ini merupakan sistem komunikasi yang dapat mentransmisikan suara melalui jaringan IP, juga sebagai alternatif dari jaringan PSTN (Public Switched Telephone Network). Seiring dengan itu banyak sekali hacker yang menyadap data yang dikirimkan melalui VoIP, karena itu perlu adanya sistem keamanan untuk melindungi pengguna VoIP. Untuk membuat aplikasi VoIP ini aman, metode enkripsi dapat digunakan. Dalam tugas akhir ini, algoritma enkripsi yang digunakan adalah Data Enkripsi Standard (DES). Dengan menggunakan metodologi kajian pustaka, pengumpulan data, analisis dan pengambilan kesimpulan, maka akan memperoleh hasil dari penerapan kriptografi dengan metode Data Encryption Standard untuk sistem keamanan pada VoIP. Penerapan kriptografi dengan metode Data Enkripsi Standard dapat memberikan solusi keamanan karena enkripsi adalah proses pengacakan, yang merubah data dari plaintext menjadi chippertext, sehingga data tesebut akan aman karena tidak mudah disadap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/75/050800553
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Mar 2008 10:43
Last Modified: 18 Mar 2008 10:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139590
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item