Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan dan Pengembangan Pegawai Berbasis Web Dengan Teknologi ASP.Net 2.0”.

PrayonneAdi (2008) Pengembangan Sistem Informasi Pelatihan dan Pengembangan Pegawai Berbasis Web Dengan Teknologi ASP.Net 2.0”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelatihan dan pengembangan SDM merupakan suatu kegiatan penting yang diadakan dalam rangka menyiapkan SDM yang memiliki kemampuan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan. Masalah yang muncul dalam menangani kegiatan Pelatihan dan pengembangan SDM adalah sulitnya melacak atau memeriksa pelaksanaan topik-topik diklat yang diusulkan sebelumnya dan sulitnya mencari data-data terkait pelaksanaan pelatihan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat menyajikan informasi yang sesuai secara up to date. Sistem informasi ini dibangun dengan pendekatan pemrograman berorientasi object. Diagram-diagram UML yang digunakan dalam perancangan adalah diagram use-case , diagram c lass , diagram sequence , dan diagram state . Sistem Informasi yang dibangun digunakan untuk menerima usulan topik-topik diklat, memfasilitasi pengusulan nama peserta diklat, menampilkan nama-nama calon peserta diklat, memfasilitasi pembuatan surat tugas untuk nama-nama yang telah dicalonkan sebelumnya dan memfasilitasi penilaian terhadap para pegawai yang telah mengikuti kegiatan diklat. Sistem Informasi Pelatihan dan Pengembangan Pegawai ini dikembangkan dengan pendekatan pemrograman berorientasi object dengan bahasa pemrograman Visual Basic (VB) pada sisi server . Sistem Informasi Pelatihan dan Pengembangan Pegawai ini melibatkan 18 buah Klas. Basis data yang mendukung penyimpanan data untuk sistem informasi ini melibatkan 16 buah. Pengujian terhadap perangkat lunak dilakukan melalui dua tahapan yaitu pengujian unit dan pengujian integrasi. Hasil pengujian unit menunjukan bahwa unit-unit dalam aplikasi ini memberi output sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian integrasi menampakkan bahwa unit-unit yang telah diintegrasikan dapat memenuhi kebutuhan yang ada pada Use Case Diagram . Pengujian terhadap basis data meliputi pengujian rancangan basis data dan pengujian waktu akses query Pengujian rancangan basis data menunjukan bahwa tidak terdapat kesalahan dalam rancangan basis data. Dari pengujian waktu akses query diperoleh waktu akses untuk 1000 record data adalah 60.5 ms, untuk 2000 record data adalah 65.7 ms, untuk 3000 record data adalah 90.4 ms, untuk 4000 record data adalah 105 ms, dan untuk 5000 record data adalah 131 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/747/050900046
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Jan 2009 10:06
Last Modified: 14 Jan 2009 10:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139588
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item