Studi Analisa perencanaan bendung akibat terjadinya penggerusan dihilir lolam olakan pada bendung Tawangsari di Desa Tirtomarto Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang.

RamaPutraSucahyo (2008) Studi Analisa perencanaan bendung akibat terjadinya penggerusan dihilir lolam olakan pada bendung Tawangsari di Desa Tirtomarto Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lokasi Bendung Tawangsari ini terletak di Dusun Tawangsari, Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Fungsi bendung ini untuk meninggikan muka air pada Sungai sumberbebek guna mensuplai pasokan air melalui pintu intake pada hulu bendung menuju head tank yang mana kemudian akan digunakan untuk keperluan PLTA Ampel Gading. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa gerusan yang terjadi pada hilir bendung tawangsari yang mana degaradasi akibat gerusan ini masih terjadi, maka perlunya monitoring dan evaluasi terhadap kinerja hidrolika bendung terutama di bagian hilir bendung yaitu di bagian bangunan pengaman. Dalam studi analisa perencanaan ini terdapat beberapa tahapan analisa yang meliputi : analisa hidrologi, analisa hidrolika, analisa gerusan, analisa pola operasi pintu dan analisa perencanaan bangunan pengaman. Dari hasil review analisa dan pehitungan yang telah dilakukan pada bendung tawangsari ini diperoleh: debit banjir rancangan sebesar (Q 100) = 144,678 m 3 /dt, lebar bentang bendung 11 m, tinggi air diatas pelimpah 2,805 m, dan di bagian hilirnya masih terjadi gerusan sedalam 5,570 m terhitung dari tinggi muka air hulu bendung. Dan kondisi terjadinya gerusan ini juga tidak terhindarkan ketika pintu intake dioperasikan guna mensuplai debit strorage menuju PLTA Ampel Gading, Terjadinya gerusan ini dapat diantisipasi dengan menambah kekuatan bangunan pengaman di hilir bendungan dengan bronjong ukuran 2,00 x 1,00 x 0,50 yang pemasangannya secara horizontal dan disesuaikan dengan kebutuhan sampai mencapai titik aman.. Secara keseluruhan hasil dari análisis terhadap bagian hilir bendung Tawangsari menunjukkan bahwa bangunan pengaman bronjong review desain aman terhadap penggerusan lokal akibat olakan air. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menjaga kelangsungan bendung Tawangsari agar berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/717/050803606
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Nov 2008 14:01
Last Modified: 27 Nov 2008 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139550
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item