Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengolah dan Penyimpan Citra Digital Berbasis Web Menggunakan Teknologi Java.

MokhamadHatta (2008) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengolah dan Penyimpan Citra Digital Berbasis Web Menggunakan Teknologi Java. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyajian informasi dalam berupa citra (image) seringkali dilakukan karena dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada dalam bentuk teks. Citra yang dihasilkan alat pemindai seringkali tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya, oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi pengolah citra yang dapat memperbaiki kualitas citra tersebut. Pada tugas akhir ini, dikembangkan suatu aplikasi pengolah dan penyimpan citra digital berbasis web yang dapat memudahkan pengguna dalam melakukan proses pengolahan dan penyimpanan citra digital. Pengembangan aplikasi ini melalui beberapa tahap yaitu perancangan, implementasi, dan pengujian. Tahap perancangan meliputi analisis kebutuhan menggunakan pemodelan dengan use case diagram , perancangan menggunakan pemodelan class diagram dan sequence diagram , perancangan basis data, dan perancangan antarmuka. Aplikasi ini menggunakan teknologi Java EE yang merupakan salah satu teknologi Java yang telah dikenal dengan ketangguhannya. Untuk proses pengolahan citra digunakan Java 2D yang merupakan salah satu API Java yang memiliki kemampuan tinggi dalam pengolahan citra. Agar proses pengolahan citra dapat dilakukan lebih cepat maka digunakan teknologi AJAX. Aplikasi ini dapat melakukan prose penyimpan citra pada server dan dapat melakukan beberapa proses pengolahan citra meliputi pengubahan kecerahan gambar, peregangan kontras, pengubahan histogram citra, pelembutan citra, penajaman tepi, pewarnaan semu, dan pengubahan geometrik. Pengujian aplikasi dilakukan dengan pengujian E-R Diagram , pengujian koneksi database , pengujian unit, pengujian integrasi, dan pengujian validasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan ini valid sesuai kebutuhan yang diperoleh dari hasil analisis kebutuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2008/703/050803560
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2008 13:19
Last Modified: 22 Nov 2008 13:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/139537
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item